Preferensi Musik Mempengaruhi Jenis Kepribadian

oleh -57 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Musik memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang di seluruh dunia, itulah sebabnya banyak yang bertanya-tanya faktor individu apa yang dapat memengaruhi preferensi musik. Bisakah isi playlist Kamu, misalnya, mengungkapkan sesuatu tentang kepribadian Kamu? (herdi)

Sifat Kepribadian Terkait dengan Preferensi Musik

Di lansir dari verywellmind. Satu studi skala besar yang di lakukan oleh para peneliti di Universitas Heriot-Watt mengamati lebih dari 36.000 peserta dari seluruh dunia.

Menurut peneliti, Adrian North, alasan orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka mungkin terkait dengan seberapa besar hubungannya dengan sikap dan kepribadian.

North menyarankan agar orang mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik dan menggunakannya sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain. Penelitiannya menunjukkan hubungan yang sering dibuat orang antara siapa mereka sebagai individu dan selera musik mereka.

Ingatlah bahwa ini adalah hasil yang dipublikasikan hanya dalam satu studi daripada direplikasi dan divalidasi oleh berbagai peneliti dan desain studi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa ciri kepribadian yang dikaitkan dengan studi preferensi musik tertentu.

Musik pop

Penggemar top 40 pop hits cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Sementara pecinta musik pop pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, para peneliti menyarankan bahwa mereka cenderung kurang kreatif dan lebih gelisah.

Musik Rap dan Hip/Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap lebih agresif atau kejam, para peneliti sebenarnya tidak menemukan hubungan seperti itu. Penggemar rap memang cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya ramah.

Musik country

Penggemar musik country biasanya pekerja keras, konvensional, dan ramah. Sementara lagu-lagu country sering berpusat pada patah hati, orang-orang yang tertarik pada genre ini cenderung sangat stabil secara emosional.

Musik Rock/Heavy Metal

Terlepas dari citra yang terkadang agresif dari proyek musik rock dan heavy metal, para peneliti menemukan bahwa penggemar preferensi musik ini biasanya cukup lembut. Mereka cenderung kreatif, tetapi sering tertutup dan mungkin menderita dari harga diri yang rendah.

Musik indie

Penggemar genre indie biasanya introvert, intelektual, dan kreatif. Menurut peneliti, mereka juga cenderung kurang pekerja keras dan kurang lembut.

musik dansa

Menurut peneliti, orang yang lebih menyukai musik dansa biasanya terbuka dan tegas. Mereka juga cenderung berperingkat tinggi dalam sifat keterbukaan terhadap pengalaman, salah satu dari lima ciri kepribadian utama.

Musik klasik

Pencinta musik klasik biasanya lebih tertutup tetapi juga nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Mereka kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik.

Musik Jazz, Blues, dan Soul

Orang yang menikmati musik jazz, blues, atau soul ternyata lebih ekstrovert dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan santai.

Apa yang Dikatakan Penelitian?

Para peneliti menemukan bahwa orang dapat membuat penilaian yang akurat tentang tingkat ekstraversi, kreativitas, dan keterbukaan pikiran seseorang setelah mendengarkan 10 lagu favorit mereka.

Ekstrovert cenderung mencari lagu dengan garis bass yang berat sementara mereka yang menikmati gaya yang lebih kompleks seperti jazz dan musik klasik cenderung lebih kreatif dan memiliki skor IQ yang lebih tinggi. Rentfrow dan Gosling telah memperluas studi mereka, melihat berbagai aspek musik yang dapat dikaitkan dengan preferensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.