Pseudobulbar Affect! Tertawa Berlebihan Tanpa Sebab

oleh -36 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pseudobulbar affect (PBA) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan episode tiba-tiba tak terkendali dan tertawa atau menangis yang tidak pantas. Pseudobulbar affect biasanya terjadi pada orang dengan kondisi atau cedera neurologis tertentu, yang mungkin memengaruhi cara otak mengontrol emosi. (herdi)

Jika Anda memiliki pseudobulbar affect, Anda akan mengalami emosi secara normal, tetapi terkadang Anda akan mengekspresikannya dengan cara yang berlebihan atau tidak pantas. Akibatnya, kondisi tersebut bisa memalukan dan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

Gejala Pseudobulbar Affect Mempengaruhi

Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai memiliki pseudobulbar affect, Anda mungkin memperhatikan hal berikut:

  • Tangisan atau tawa yang tiba-tiba dan intens yang tidak terkontrol
  • Menangis atau tertawa yang sepertinya tidak sesuai dengan situasi
  • Ledakan frustrasi dan kemarahan
  • Ekspresi wajah yang tidak sesuai dengan emosi
  • Ledakan dapat terjadi beberapa kali sehari atau beberapa kali dalam sebulan.

Gejala tidak terkait dengan suasana hati. Dengan kata lain, Anda mungkin merasa bahagia tetapi mulai menangis dan tidak bisa berhenti. Atau Anda bisa merasa sedih tetapi mulai tertawa ketika seharusnya tidak. Anda mungkin hanya menangis atau banyak tertawa. Beberapa orang mengatakan gejalanya datang begitu cepat seperti kejang. Sangat mudah untuk salah mengira gejala depresi atau gangguan bipolar.

Pseudobulbar Affect Mempengaruhi Penyebab

Para ilmuwan percaya bahwa pseudobulbar affect dapat terjadi akibat kerusakan pada korteks prefrontal, area otak Anda yang membantu mengendalikan emosi.

Cedera atau penyakit yang memengaruhi otak Anda dapat menyebabkan afek pseudobulbar. Kondisi otak lain yang umumnya terkait dengan PBA meliputi hal berikut:

  • penyakit Alzheimer
  • Sklerosis lateral amiotrofik (ALS)
  • Tumor otak
  • Demensia
  • Sklerosis ganda
  • penyakit Parkinson
  • Cedera otak traumatis

Tertawa Sehat

Terlepas dari sisi gelap tawa, tidak dapat disangkal bahwa tawa umumnya menimbulkan perasaan kabur yang hangat. Kita tahu bahwa tertawa meningkatkan fungsi kardiovaskular, memperkuat sistem kekebalan dan endokrin kita.

Kita juga tahu bahwa “humor baik” yang positif – “tertawa bersama” daripada “menertawakan” orang lain – sangat bermanfaat. Memang cara otak kita memproses tawa orang lain tampaknya menunjukkan bahwa tertawa bersama seseorang memiliki kedalaman emosi yang lebih dalam dan lebih menyenangkan daripada menertawakan mereka.

Memang, otak kita tampaknya sangat terpengaruh oleh sinyal bahagia yang otentik dan memuaskan secara emosional. Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa terapi tawa terbukti memiliki efek yang kuat. Ini termasuk latihan otot, peningkatan pernapasan, penurunan stres dan kecemasan dan peningkatan suasana hati dan ketahanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.