Salahkah Jika Kedua Orang Tua Bekerja?

oleh -49 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/background'>Background photo created by pressfoto - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang tua merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengasuh, mendidik, dan membimbing anak-anaknya sampai siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Di era modern saat ini, kedua orang tua yang bekerja adalah sebuah tren yang tak terhindarkan. Ada berbagai alasan yang memengaruhi hal tersebut, seperti untuk menambah jumlah keuangan keluarga, supaya istri tetap tersalurkan ilmunya karena sekarang banyak kaum wanita yang sudah berpendidikan tinggi, agar pengetahuan dan keterampilan orang tua terus berkembang, dan masih banyak lagi.

Di saat kedua orang tua bekerja, mereka pun harus meninggalkan anaknya sendirian di rumah. Ada orang tua yang menyewa pengasuh dan ada juga yang menitipkan anaknya kepada sanak saudara selama mereka bekerja.

Berikut dampak positif dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan jika kedua orang tua bekerja.

Anak Menjadi Mandiri

Anak akan belajar mandiri dalam berbuat sesuatu sejak usia dini. Di saat kedua orang tuanya bekerja, mereka akan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa harus bergantung kepada orang lain dan akan memiliki kreatifitas yang lebih tinggi.

Kebutuhan Anak Dapat Terpenuhi

Dengan bekerjanya kedua orang tua, maka kebutuhan anak dapat terpenuhi sepenuhnya. Anak juga akan mendapatkan gaya hidup yang jauh lebih berkulitas, sebab orang tua mereka akan memiliki jumlah uang yang lebih besar untuk kebutuhan sang anak.

Ikatan dengan Orang Tua Menjadi Renggang

Karena kedua orang tua bekerja, maka sedikit waktu yang hanya bisa di luangkan kepada sang anak untuk bermain-main. Kasih sayang orang tua pun akan menjadi berkurang karena mereka lebih disibukkan oleh pekerjaan dibandingkan dengan anaknya.

Perubahan Perilaku Anak

Anak-anak yang kedua orang tuanya bekerja cenderung akan mengalami perubahan perilaku. Biasanya si anak akan lebih keras kepala dan agresif karena sedikit berinteraksi dan mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Itulah keuntungan dan kekurangan jika kedua orang tua harus bekerja. Nah, menurut sobat zetizen lebih baik mana? orang tua keduanya kerja atau hanya ayah saja sebagai kepala keluarga yang harus kerja?

Source : Facebook

One thought on “Salahkah Jika Kedua Orang Tua Bekerja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.