,

Sejarah Ada Lovelace, Sang Progammer Komputer Pertama di Dunia (Part 1)

oleh -68 views
Ada Lovelace

ZETIZEN RADAR CIREBON – 10 Desember kemarin adalah hari lahir Ada Lovelace, seorang perempuan hebat yang berkontribusi besar terhadap perkembangan STEM (Science, Technology, Engineering, and Math). Berkat pemikiran dan kerja kerasnya, hari ini kita bisa mengenal dan menggunakan komputer. (az)

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu, nih, bahwa penemu komputer ialah Charles Babbage ilmuwan asal Inggris. Namun, di dalam penemuannya ini Charles Babbage tidak sendiri, lho! Melainkan dibantu oleh Ada Lovelace, ilmuwan wanita asal Inggris yang turut berjasa dalam mengembangkan komputer. Wanita inilah yang menemukan bahasa pemrograman pertama kali sejak 100 tahun lalu.

Pasti penasaran dengan kisah sang programmer pertama di dunia ini, kan? Maka dari itu, yuk, langsung saja kita bahas!

Profil Ada Lovelace

Ada Lovelace | Sumber: wikipedia.org

Ada King Countess of Lovelace atau lebih dikenal dengan sebutan Ada Lovelace adalah programmer pertama di dunia, nih, guys! Tak hanya itu, ia juga menciptakan bahasa pemrograman pertama kali di dunia.

Bahkan, penemuannya ini jauh sebelum adanya nama-nama programmer terkenal seperti Bill Gates pencipta Microsoft dan Mark Zuckerberg pencipta Facebook. Keren banget, kan?

Oh iya, bicara mengenai programmer, Sobat Zenius sudah tahu belum, nih, apa yang dimaksud dengan programmer? Hehe.

Well, dapat dikatakan programmer itu merupakan sebuah profesi atau seseorang yang memiliki keahlian dalam mengenali dan merancang kode program-program untuk menciptakan suatu perangkat lunak komputer.

Oh iya, kalian tahu gak,sih, kalau ternyata Ada Lovelace itu bukan nama aslinya, lho! Jadi, nama aslinya itu adalah Augusta Ada Byron. Ia dilahirkan pada tanggal 10 Desember 1815 di kota London dan merupakan seorang putri dari Lord Byron, penyair terkenal kala itu.

Sementara itu, ibunya Annabella Milbanke Byron merupakan seorang matematikawan asal Inggris. Sayangnya, dua bulan setelah kelahiran Lovelace, orang tuanya memutuskan untuk berpisah, nih, guys!

Setelah itu, ayahnya pun dikabarkan pergi meninggalkan London sehingga semasa hidupnya Lovelace tidak mengenal sosok ayahnya secara pribadi. Akhirnya, ia pun dibesarkan oleh ibunya. Ibunya yang tidak ingin putrinya mengikuti jejak ayahnya sebagai penyair, memastikan jika Lovelace menerima les matematika dan musik sejak kecil.

Ada Lovelace sempat dibimbing oleh Augustus De Morgan, seorang ahli matematika dan logika yang menjadi profesor matematika pertama di Universitas London. So, bisa dibayangkan, bukan? Bagaimana kepintaran dari Ada Lovelace, secara gurunya merupakan profesor yang sangat hebat.

Menjadi Programmer Pertama di Dunia

Di tahun 1833, saat Ada Lovelace berusia 17 tahun, temannya Mary Somerville mengenalkan dirinya kepada Charles Babbage, seorang profesor matematika di Cambridge. Saat itu, Babbage pun menceritakan tentang Difference Machine, alat mesin hitung yang sedang ia kembangkan. Lovelace yang mendengar hal tersebut pun merasa sangat tertarik.

Charles Babbage | Sumber: wikipedia.org

Hingga akhirnya, Babbage pun mengundang Lovelace mengunjungi rumahnya untuk melihat prototipe Difference Machine. Adapun Difference Machine ini merupakan alat hitung atau kalkulator otomatis pertama di dunia yang sedang dikembangkan oleh Charles Babbage.

Kalkulator Otomatis Pertama di Dunia

Difference Machine, kalkulator pertama di dunia | Sumber: wikipedia.org

Nah, jika kalian lihat gambar di atas, itu merupakan mesin buatan Charles Babbage yang disebut sebagai Difference Machine. Mesin inilah yang menjadi cikal bakal dari perkembangan komputer yang ada saat ini. Mesin tersebut memiliki ukuran 72 cm x 74 cm x 49 cm yang terbuat dari logam dan kayu. Well, memang ukurannya sangat besar jika dibandingkan dengan komputer yang ada sekarang. 

Saat ini, mesin tersebut disimpan di Museum Sains di London. Jadi, kalau penasaran dengan bentuk aslinya, Sobat Zenius harus terbang dulu, nih, ke London.

Babbage membuat mesin ini karena saat itu perhitungan manual dengan menggunakan tabel matematika masih sering mengalami kesalahan. Oleh karena itu, Babbage ingin mengembangkan perhitungan mekanik dengan harapan dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

ada lovelace adalah programmer pertama di dunia
Catatan Charles Babbage tentang Difference Machine miliknya | Sumber: wired.com

Setelah melihat mesin buatan Charles Babbage, Lovelace pun merasa sangat terkesan. Di lain sisi, Babbage pun juga merasa terkesan dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Ada Lovelace. Hingga akhirnya, Ia dan Babbage pun mulai menjadi akrab dan sering bertukar pikiran. 

Setahun kemudian, Ada sempat menghentikan studi matematikanya nih, guys! Ini dikarenakan Ia memutuskan untuk menikah dengan William King, Raja Baron ke-8 pada tanggal 8 Juli 1835. Kemudian, setelah suaminya diangkat menjadi earl (gelar kebangsawanan Inggris) di tahun 1838, maka sebagai istrinya Lovelace pun mendapat gelar Countess Lovelace. Walaupun sempat menghentikan studi matematikanya, tetapi tak lama kemudian ia melanjutkannya kembali.

Lanjut ke part 2 ya!

Sumber: Zenius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.