Self Doubt! 7 Tips Mengatasi Keraguan pada Diri sendiri

oleh -106 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah Kamu meragukan diri sendiri atau tidak percaya diri? Tahukah kamu kalau dalam dunia psikologi, istilah tersebut di sebut self doubt. Self doubt bisa datang secara tidak sadar yang membuat kepercayaan diri kita menurun. (herdi)

Ini mungkin berasal dari pengalaman negatif sebelumnya atau dari masalah gaya keterikatan. Mereka yang memiliki keterikatan yang tidak aman mungkin memiliki pengalaman di kritik, yang dapat berkontribusi pada self doubt di kemudian hari.

Jika seseorang telah di beritahu di masa lalu bahwa mereka “tidak cukup baik” atau tidak mampu melakukan sesuatu, maka ini dapat memiliki efek negatif yang besar pada harga diri mereka. Jika self doubt yang terus-menerus tidak di atasi, itu dapat menyebabkan:

  • Kecemasan
  • Depresi
  • Penundaan atau kurangnya motivasi
  • Ketidakstabilan emosi
  • Tingkat percaya diri yang rendah
  • Kesulitan membuat keputusan

Cara Mengatasi Self doubt

1- Latih Self Compassion

Jika self doubt menghalangi Kamu untuk mengambil lompatan dalam karier atau aspek lain dalam hidup Kamu, ingatlah bahwa kita semua adalah manusia. Kita semua membuat kesalahan di sepanjang jalan dan tidak apa-apa untuk melakukannya. Ketika kita meragukan kemampuan kita, itu sering kali karena kita tidak ingin memberi ruang untuk kesalahan.

2- Ingat Prestasi Masa Lalu Kamu

Ingat ketika Kamu mungkin takut untuk melakukan sesuatu, di sekolah atau di tempat kerja, tetapi sebenarnya itu berakhir dengan sangat baik? Ini membantu untuk merenungkan pencapaian nyata di mana sesuatu yang menantang bagi kita berubah menjadi sesuatu yang hebat.

3- Cobalah untuk Tidak Membandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain

Mereka mengatakan bahwa perbandingan adalah pencuri kebahagiaan. Pepatah ini terdengar benar dalam banyak hal. Jika Kamu mengalami self doubt karena Kamu takut tidak akan mencapai sesuatu pada tingkat yang sama dengan orang lain, maka itu bisa menjadi perasaan yang melumpuhkan.

4- Perhatikan Pikiran Kamu

Ketika pikiran negatif mulai menyusup, terkadang sulit di kenali karena kita sudah terbiasa dengannya. Sindrom penipu berkembang dari pikiran negatif yang memberi tahu kita bahwa kita tidak layak untuk tempat kita berada atau bahwa kita tidak akan menghasilkan pekerjaan yang baik.

5- Habiskan Waktu Dengan Orang-Orang yang Mendukung

Teman-teman dan anggota keluarga dalam hidup kita yang percaya pada kita dan semua yang kita mampu akan selalu ada di pihak kita. Saat Kamu merasa ragu, kelilingi diri Kamu dengan orang-orang ini.

6- Temukan Validasi Dari Dalam

Meskipun sangat bagus untuk merasa di yakinkan dari orang lain bahwa kita melakukan pekerjaan dengan baik atau bahwa kita mampu menyelesaikan tugas yang sulit, sama pentingnya untuk memiliki keyakinan pada diri kita sendiri. Kepastian yang konstan tidak berarti banyak jika kita masih tidak percaya pada diri kita sendiri.

7- Ingatlah Bahwa Kamu Adalah Kritikus Paling Keras

Apakah Kamu meragukan seorang teman yang mengambil pekerjaan baru atau untuk cara mereka mengasuh anak-anak mereka dengan cara yang sama seperti Kamu meragukan diri sendiri.? Jawabannya kemungkinan besar tidak. Kami akan selalu menjadi kritikus paling keras untuk diri kami sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.