Sering Makan Tomat Mentah? Berikut Dampaknya!

oleh -57 views

Zetizen Radar Cirebon – Seperti yang kita tahu, tomat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karena kaya akan mineral dan vitamin. Pada dasarnya mengonsumsi tomat  mentah sah-sah saja. Namun apabila kalian mengonsumsi tomat mentah secara berkala dan dalam jumlah yang relatif banyak, maka akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Karena memang sejatinya yang namanya berlebih-lebihan itu tidaklah baik ya, kawan! (Susan)

Nah, memang apa saja sih dampak yang timbul akibat mengonsumsi tomat mentah secara berlebih? Berikut adalah beberapa dampaknya. Simak dengan baik, ya!

• Diare

Bahaya yang pertama adalah diare. Hal ini dapat mengintai orang yang memiliki intoleransi tomat. Karena pada tomat mentah berisiko mengandung bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan diare. Terkhusus untuk orang dengan intoleransi tomat, dampak risiko gangguan pencernaan akan meningkat lebih tinggi.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Sindrom iritasi usus besar atau IBS merupakan keluhan atas gangguan pencernaan, khususnya buang air besar. Hal ini dapat terjadi apabila mengonsumsi kulit maupun biji tomat mentah. Terkhusus bagi penderita IBS, gejala yang timbul dapat memicu perut kembung meningkat.

• Asam Lambung Naik (Acid Reflux)

Source by Alodokter

Pada penderita asam lambung, tomat memiliki kandungan yang kaya akan asam sitrat dan asam malat. Sehingga apabila mengonsumsi tomat secara berlebih akan menimbulkan dampak pada lambung. Penyebabnya karena kandungan asam sitrat dan asam malat tersebut menumpuk pada lambung, sehingga menyebabkan asam lambung naik.

Lalu, ketika asam lambung mulai meningkat, ia akan naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala heartburn.

• Reaksi Alergi

Bagi segelintir orang yang alergi terhadap makanan tertentu, perlu lebih memperhatikan makanan apa saja yang membuat kamu alergi. Bagi orang yang rentan alergi, potensi ruam akibat mengonsumsi tomat menjadi meningkat. Beberapa gejala yang timbul akibat reaksi alergi mengonsumsi tomat mentah yakni seperti batuk-batuk, bersin-bersin, kulit gatal, muncul ruam kulit, sensasi gatal di tenggorokan, pembengkakan pada wajah, mulut, dan lidah, hingga sesak napas.

Meski dampak yang timbul lebih berpengaruh terhadap orang yang lebih rentan terkena alergi, tak ada salahnya bila kita berusaha menjaga diri dengan menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri nantinya.

Baca juga : Bunga Telang, Bunga Berwarna Biru Segudang Manfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.