Soteriophobia! Takut Menaruh Kepercayaan pada Orang

oleh -11 views
Source: Google

ZETIZEN RADAR CIREBON – Soteriophobia adalah ketakutan irasional akan ketergantungan pada orang lain. Seseorang yang menderita kondisi ini dapat mengharapkan untuk mengalami kecemasan yang sangat tinggi hanya karena memikirkan ketergantungan pada orang lain, apalagi benar-benar mengalaminya. (herdi)

Faktanya, kecemasan mereka mungkin begitu kuat sehingga mereka bahkan dapat mengalami serangan panik yang hebat sebagai akibatnya. Meskipun gelombang kecemasan seperti itu tidak akan selalu terjadi pada semua orang yang menderita soteriophobia, itu masih sangat masuk akal untuk terjadi.

Seseorang yang menderita soteriophobia mungkin menemukan diri mereka menghindari apa yang mereka takuti. Mereka mungkin mengambil ini secara ekstrim dengan memastikan bahwa mereka tidak dapat terkena ketergantungan pada orang lain dengan cara apapun.

Tanda-Tandanya

Seperti halnya dengan hampir setiap fobia lain yang ada, seseorang dengan soterioohobia dapat mengharapkan kecemasan menjadi gejala paling menonjol dari kondisi mereka.

Ini mungkin berarti mereka tidak hanya menghindari area di mana mereka mungkin bersentuhan dengan ketakutan mereka, tetapi juga bahwa mereka dapat secara aktif mencoba mencegahnya terjadi dengan mengambil pendekatan yang lebih langsung.

Di bawah ini, Anda akan melihat beberapa gejala yang lebih umum dari fobia ini:

  • Kecemasan ketika memikirkan ketergantungan pada orang lain
  • Tidak dapat mengatasi kecemasan mereka
  • Ketegangan otot, gemetar, dan berkeringat
  • Mungkin mengalami serangan panik

Penyebab Soteriophobia

Tidak ada penyebab pasti soteriophobia. Namun demikian, genetika dan lingkungan seseorang mungkin memainkan peran yang sangat signifikan dalam perkembangan kondisi ini.

Jika seseorang memiliki genetika seperti itu, maka itu mungkin hanya mengharuskan mereka mengalami semacam peristiwa traumatis bagi mereka untuk mengembangkan soteriofobia penuh.

Meskipun kita tidak tahu penyebab pasti soteriofobia, konsensus di antara sebagian besar profesional kesehatan mental adalah bahwa faktor genetik dan lingkungan memainkan peran yang sangat signifikan dalam perkembangan gangguan mental tertentu.

Perawatan Soteriophobia

Sama seperti tidak ada penyebab pasti soteriophobia, juga tidak ada perawatan yang dirancang khusus untuk kondisi ini.

Latihan untuk Soteriofobia

Olahraga telah terbukti sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan kecemasan, termasuk soteriophobia. Secara khusus, latihan kardiovaskular secara signifikan dapat membantu menghilangkan stres seseorang.

Mengurangi Kafein untuk Soteriophobia

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi kafein dalam jumlah besar sepanjang hari dapat membantu membuat Anda lebih cemas. Ini masuk akal ketika kita melihat lebih dekat bagaimana kafein mempengaruhi fisiologi tubuh kita.

Ketika kita mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi, jantung kita akan mulai berdetak lebih cepat dan kita menjadi lebih tegang. Pada dasarnya, tubuh kita akan mulai masuk ke kondisi pikiran “berkelahi atau lari”.

Berlatih Meditasi untuk Soteriofobia

Ada banyak bentuk meditasi yang berbeda yang bisa sangat bermanfaat bagi seseorang yang menderita soteriofobia. Secara khusus, meditasi kesadaran telah terbukti cukup bermanfaat untuk membantu orang memasuki keadaan yang lebih seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.