Kekuatan dari Sebuah Cerita

oleh -10 views
<a href='https://www.freepik.com/vectors/background'>Background vector created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bercerita adalah salah satu teknik berkomunikasi paling dasar. Bahkan bagi sebagian orang dengan bercerita seseorang akan dapat mengingat sebuah infromasi daripada hanya sebuah informasi semata.

Sejak jaman dahulu nenek moyang kita menggunakan cerita untuk mengajarkan moralitas mana yang baik dan buruk. Seiring berkembangnya jaman sebuah kisah memiliki kekuatan untuk mendorong perubahan secara sosial.

Kekuatan Sebuah Cerita

Seperti yang telah di sebutkan di awal bercerita merupakan teknik berkomunikas paling dasar. Salah satu kekuatan dari bercerita adalah kita dapat dengan mudah mengingat sebuah pristiwa lebih baik. Faktor yang menyebabkan bercerita menjadi daya tarik dalam menyampaikan sebuah informasi adalah karena di dalamnya terdapat sebuah emosi bagi pendengarnya.

Kita pasti pernah mendengar kisah Si Maling kundang. Cerita yang datang pulau Sumatra ini adalah salah satu kisah populer di Indonesia. Kebanyakan orang yang mendengar cerita ini tahu bahwasannya makna dari kisah ini adalah kita tidak boleh durhaka kepada orang tua kita. Kenapa kisah ini sulit dilupakan oleh sebagian orang? Karena, ketika kita mendengarnya emosi kita terbawa. Kita akan menjadi lebih emosional ketika mendengar kisah ini, bahkan mungkin ada yang membenci tokoh Malin Kundang karena sifat buruknya pada orang tuanya.

Coba bandingkan jika kita mendengar berita di TV. Mayoritas orang yang mendengar informasi itu akan melupakan kejadian dan tidak akan berlangsung lama. Itulah salah satu kekuatan dari sebuah cerita.

Baca Juga: Toxic Friend ( Teman Beracun)

Dahsyatnya Sebuah Kisah

Sebagaimana kita tahu Cerita berperan besar untuk memberi tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Ketika kita membaca sebuah cerita tanpa sadar kita dapat menilai seorang tokoh itu baik atau buruk hanya dengan membaca ceritanya saja. Yang pada akhirnya dari cerita itu dampat merubah moral seseorang.

Seperti kasus Malin Kundang diatas kita tahu bahwasannya ketika Malin Kundang menjadi orang sukses dia mulai menjadi sombong. Pada akhir kisahnya Malin Kundang dikutuk oleh ibunya menjadi sebongkah batu. Dari kasus ini pembaca pada akhirnya mengetahui bahwasannya sikap sombong adalah sikap yang buruk dan harus dihindari untuk diterima di masyarakat.

Bercerita adalah salah satu teknik yang cukup ampuh untuk mempengaruhi orang lain. Bahkan sejak dahulu nenek moyang kita pun menggunakan teknik cerita untuk mempengaruhi kita untuk menjadi lebih baik. Dari ceritalah kita di ajarkan tentang moralitas  dan mendorong adanya perubahan sosial.

One thought on “Kekuatan dari Sebuah Cerita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.