Tips Membangun Body Image yang Positif, Bisa Kamu Coba!

oleh -85 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada beberapa standar yang sering membuat banyak orang merasa minder dan tidak percaya diri dengan bentuk dan ukuran badannya. Seperti anggapan bahwa perempuan cantik itu harus langsing, putih, dan tinggi, sedangkan untuk laki-laki harus berotot. Selain tekanan dari luar, pikiran negatif sendiri pun terkadang menjadi penyebab insecure. Untuk mengatasinya, kamu harus membangun body image yang positif tentang badan diri sendiri, dilansir dari idntimes.com, adapun tipsnya yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut. Apa saja sih? (az)

1. Menghargai dan menerima kekurangan badan 

Tak jarang orang yang sering mempresentasikan bahwa dirinya jelek, terlalu gendut, hitam, pendek, terlalu kurus, dan lainnya. Sehingga pandangan negatif tentang diri sendiri itulah yang bikin rasa tidak percaya diri muncul. Kunci utama untuk mengatasi hal tersebut adalah mencoba mengapresiasi setiap kekurangan diri.

Hal itu dapat dilakukan dengan memulai untuk menghargai dan menerima apa pun bentuk dan ukuran fisikmu. Sebab, apa yang kamu anggap kekurangan tersebut adalah sebuah keunikan dan ciri khas yang tidak semua orang punya.

2. Tidak perlu menuruti standar ideal orang 

Banyak anggapan bahwa standar ideal seseorang terlihat menarik adalah memiliki kulit putih, rambut lurus, tinggi, langsing, dan seterusnya. Sehingga banyak orang yang berusaha keras agar mencapai bentuk dan ukuran fisik sesuai dengan standar itu.

Padahal tidak perlu untuk menuruti standar ideal yang dibuat orang lain, kamu hanya perlu untuk menjadi versi terbaik dari dirimu. Kamu pun harus memiliki mindset bahwa tidak ada orang yang sempurna dan tanpa menuruti standar orang pun kamu akan terus bangga dengan penampilan fisik sendiri.

3. Menjauhi lingkungan yang buruk 

Orang-orang di sekitar kita justru sering melakukan body shaming sehingga membuat semakin minder dan tidak percaya diri. Oleh sebab itu, carilah lingkungan positif, berbaur di antara orang-orang yang enggan untuk mencela.

Dengan begitu kamu pun akan bebas berpenampilan sesuai dengan seleramu karena lingkungan dan orang-orang di sekitar akan mendukung dan menerima kamu apa adanya. Jangan takut untuk keluarga dari lingkungan toxic ya demi kesehatan mentalmu sendiri.

4. Berhenti membandingkan diri dengan penampilan orang lain 

Melihat dan mengagumi orang lain yang memiliki badan bagus itu sah-sah saja, tapi yang harus diingat adalah berhenti untuk membanding-bandingkan bentuk tubuhmu dengan orang lain. Sebab, itu merupakan salah satu bentuk meremehkan badan sendiri yang dapat menimbulkan perasaan iri dengan keelokan ataupun keindahan orang lain.

Agar tidak terpaku dengan itu maka kamu harus berhenti untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain dan tidak perlu terobsesi untuk menyamai. Berilah pujian kepada penampilanmu sendiri, jangan pernah takut berbeda karena kamu pun lebih menakjubkan.

5. Selalu berpikiran positif 

Faktor penting untuk membangun body image positif adalah berasal dari pikiran sendiri, apabila sering berpikiran dan memandang dengan negatif akan membuatmu mudah mengkritik fisik kamu sendiri. Menganggap bahwa bentuk dan ukuran tubuhmu tidak menarik, tidak bagus, dan pikiran jelek lainnya.

Nah, maka kamu harus membiasakan untuk memberi persepsi yang bagus-bagus tentang fisik dan penampilanmu sendiri. Misalnya dapat dimulai dari hal sederhana yaitu, memiliki tubuh sehat dan lengkap.

Itulah kelima tips untuk membangun body image positif, bagaimana pun bentuk dan ukuran badanmu harus diterima dengan sebaik mungkin karena rasa percaya diri akan muncul jika kamu menerima segala kekurangan itu.

Baca juga: Bye Insecure, Welcome Self-Love! : Kunci Sukses Mencintai Diri Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.