Dari Minder jadi PD

oleh -41 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/background'>Background photo created by rawpixel.com - www.freepik.com</a>

 ZETIZEN RADAR CIREBON – Rasa malah adalah masalah umum yang banyak di jumpai di dunia. Rasa malu muncul karena takut mulai pembiacaaraan dengan orang baru dan bingung kapan harus ngomong dan harus ngomong apa. Dari pengalaman itu membuat kita menjadi membatasi kegiatan sosial kita yang akhirnya membatasi network kita kedepannya.

Nah, lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, berikut tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial kita.

Senyum

Ketika kita mulai interaksi dengan orang lain kita bisa mengawalinya dengan senyuman. Mulailah senyum kepada rekan kerja kita.

Berani Untuk Meminta Bantuan

Meminta tolong ke profesional adalah salah satu langkah membuat kamu meningkatkan keterampilan diri. Dengan meminta bantuan ke ahlinya akan membuat kita lebih terampil karena kita diberikan solusi yang tepat dan saran-saran yang baik untuk mengatasi rasa malu tersebut.

Beranikan Diri Untuk Berbicara di Tengah Diskusi

Penyakit kita yang kurang PD adalah kita hanya ikut menyimak saat berkumpul. Cobalah untuk tidak selalu menjadi pendengar, kamu bisa memulai berbicara dengan spontan saja dan ikut gelombang topik aja. Jangan ragu ketika berbicara dan cobalah jadi PD. Jangan memaksakan diri untuk menjadi topik obrolan hal itu hanya akan menyebabkan obrolan menjadi canggung dan kaku.

Baca juga : Isi Otak Orang yang Ingin Melakukan Bunuh Diri

Say No Pada Sesuatu yang Gak Kita Suka

Katakan sesuatu yang tidak kamu sukai, tapi cobalah sampaikan dengan tanpa menyakiti hati lawan bicara kita. Salah satu cara yang  dapat kamu gunakan dalam mengatakan “tidak”,  pada orang lain tanpa menyakiti perasaan mereka adalah gunakan argumen “saya”. Contohnya ketika kamu tidak setuju jika acara makan siang dilakukan di outdoor, kamu bisa menyampaikan pendapat kamu dengan argumen saya.  Berikut contoh yang dapat kamu coba.

“kalau menurut saya, makan siang di ruangan terbuka itu kurang tepat dilakukan di saat seperti ini. Karena, di musim sekarang hujan seringkali datang secara tiba-tiba”, Seperti itulah kurang lebihnya.

Cobalah untuk menjadi lebih berani dalam berinteraksi sosial jangan terlalu cemas terhadap prespektif kita dalam menilai pikiran orang lain. Karena, apa yang kita pikiran belum tentu sesuai dengan apa yang orang lain pikirkan juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.