,

5 Cara Mengendalikan Emosi

oleh -39 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@jacksharp_photography?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Jack Sharp</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/self-control?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – merasakan emosi adalah hal yang pasti dirasakan semua orang. Walaupun merasakan emosi adalah hal yang normal tapi penting bagi kita untuk dapat mengontrol perasaan kita. Emosi yang tak terkontrol dapat menyebabkan banyak kerugian bagi kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk belajar mengontrol perasaan pada diri kita. Berikut 5 cara mengendalikan diri yang sobat Zetizen harus kamu coba!

Pikirkan Efek Negatif saat Emosi

Merasa sangat kesal pada suatu masalah adalah hal yang wajar terjadi. Tapi, jangan sampai emosi kita tidak dapat kita kendalikan. Ketika emosi kita tidak dapat di kendalikan maka kita dapat mengendalikan diri kita sendiri. Bahkan secara tidak sadar kita dapat melukai perasaan orang lain. Hal ini di sebabkan ketika kita emosi pikiran kita tidak bisa berjalan dengan baik karena ketika berpikir saat emosi kita akan lebih menggunakan perasaan daripada logika.

Kenali Suasana Hati

Setelah kita memahami efek negatif kita ketika emosi, maka penting bagi kita untuk meluangkan waktu untuk memeriksa suasana hati kita. Kita bisa mulai mengidentifikasi penyebab yang membuat kita emosi, dengan demikian kita bisa mencari solusi dari masalah kita dengan begitu pikiran kita akan kembali jernih. Cobalah memahami perasaan kita dan pikirkan apakah perbuatan kita ketika sedang emosi adalah hal yang cukup baik atau tidak

Terima Keadaan kita

Nah, hal yang dapat lakukan adalah menerima dan mengakui bahwasannya kamu memang sedang emosi. Dengan menerima keadaan diri yang sedang kita alami saat ini akan membuat kita lebih nyaman karena kita sudah bisa menerima perasaan dan diri kita sendiri.

Bantu dirimu sendiri dengan mengatakan “aku memang sedang kacau, maka penting untuk menjaga setiap tingkah lakuku, dan tentu saja aku bisa melewati masalah ini”

Curhat

Curhat memang kunci bagi kita untuk keluar dari masalah hidup kita. Penyebab kita emosi adalah karena kita kita tidak bisa mengeluarkan seluruh perasaan kita pada orang lain. Akhirnya kita hanya bisa memendam masalah itu sendirian, ketika marah itu semakin dipendam akhirnya kita kesal dan melimpahkan semuannya pada lawan bicara kita.

Maka dari itu cobalah ceritakan masalah hidupmu pada orang yang dapat kamu percaya. karena menurut penelitan

Pakar saraf dari University of California Marco Iacoboni mengatakan di otak manusia terdapat sirkuit sel kecil yang disebut sel cermin. Ketika seseorang melihat orang lain melakukan sesuatu maka sel cermin ini akan aktif membuatnya bisa merasakan apa yang dialami oleh orang lain tersebut.

Dalam kata lain sel cermin adalah sel otak khusus yang membuat manusia bisa berempati.

“Ketika Anda senyum, sel cermin untuk senyum saya juga akan menyala memicu rangkaian aktivitas saraf menimbulkan perasaan yang berkaitan dengan senyuman,” kata Marco seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (24/4/2017).

Atur Nafas

Latih pernafasan dengan mengambil nafas dalam-dalam ini mungkin gak akan langsung menghilangkan perasaan pada diri kita. Tapi dengan bernafas lebih normal bisa mambantu kita dalam mengendalikan diri kita. Ketika kita sedang marah maka darah kita akan meluap-luap, mengatur nafas dapat menenangkan aliran darah tersebut.

Merasakan emosi adalah yang tidak dapat manusia hindari, walaupun demikian kita masih bisa berusaha untuk mengontrolnya. karena walau bagaimanapun kita hanyalah manusia biasa yang pasti merasakan perasaan marah, kesal, sedih, maka penting bagi kita untuk terus mengontrol diri kita.

source : baring.digital

One thought on “5 Cara Mengendalikan Emosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.