,

Tips Merawat Buku agar Tidak Mudah Rusak

oleh -24 views

Zetizen Radar Cirebon – Siapa nih yang suka mengoleksi buku? Tentunya sudah sepantasnya kita dapat merawat buku dengan baik dan benar supaya tidak mudah rusak dan koyak. Dalam hal yang demikian, mari kita belajar bagaimana caranya untuk merawat buku-buku kesayangan kita yang baik dan benar. (Susan)

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu coba!

• Menyampul Buku

Banyak orang beranggapan bahwa menyampul buku merupakan sesuatu yang sifatnya tidak mendesak untuk mereka lakukan. Memang benar, namun seiring dengan berjalannya waktu, apabila kita tidak sesegera mungkin menyampul buku tersebut ada kemungkinan lambat laun sampul buku tersebut dapat terlipat, terkena noda, berdebu, atau bahkan koyak.

Memang, jarang sekali ada sampul buku plastik yang ukurannya cocok dengan buku-buku yang kita miliki. Walaupun demikian, tak ada alasan seperti itu. Karena kita bisa mencoba menyampulnya dengan sampul plastik yang ukurannya relatif besar dengan bantuan selotip untuk menyesuaikan ukurannya dengan buku kita. Sehingga kita dapat merawat buku dengan cara menyampulnya sesuai dengan ukuran sampul buku.

• Menyimpannya pada Rak Buku

Sebisa mungkin, simpanlah buku-buku kesayanganmu dalam rak buku. Untuk menghindari hal-hal yang berbahaya seperti terkena tumpahan air, udara yang lembab, dan sebagainya. Membiarkan buku-buku berceceran di mana-mana juga tidaklah baik, maka dari itu simpanlah bukumu dalam rak buku dengan tidak terkena sinar matahari langsung. Karena dengan terkena paparan sinar matahari langsung dapat membuat bukumu menjadi lebih kusam dari biasanya.

• Bersihkan Secara Rutin

Penting untuk menjaga bukumu tetap seperti baru. Membersihkannya secara rutin dapat menjadikan buku-bukumu bebas dari debu. Caranya dengan menggunakan kain bebas serat untuk membersihkan bagian-bagian pada buku. Hindari menggunakan kain yang cukup basah untuk membersihkannya, karena kain basah dapat membuat sampul bukumu menjadi lembab dan lembaran kertas pada bukumu akan sangat rentan untuk rusak.

Apabila kamu menyimpan buku-buku tersebut dalam rak buku, akan lebih baik jika rak buku tersebut kamu bersihkan pula. Namun, apabila hendak membersihkan rak bukumu dengan kain basah pastikan rak buku tersebut sudah benar-benar kering. Karena bukumu bisa saja menjadi rusak akibat rak buku yang lembab. Selanjutnya, untuk mempermudah membersihkannya gunakanlah kemoceng.

source by pinterest

• Gunakan Pembatas Buku/Markah Buku

Sering kali kita melupakan halaman buku yang terakhir kali kita baca. Bagi sebagian orang, melipat kertas adalah jalan paling efisien maupun praktis. Namun nyatanya cara tersebut tidaklah efektif. Melipat kertas dapat menimbulkan risiko bukumu akan mudah koyak. Untuk itu, kamu perlu menggunakan pembatas buku/markah buku. Pembatas buku umumnya ada pada buku tersebut, namun ada pula buku yang tidak memberikan pembatas buku. Kamu bisa berkreasi membuat pembatas buku sendiri dari kertas origami maupun memanfaatkan benda-benda tertentu.

Baca juga : Pangeran Bisu Dan Tuli, Sinopsis Anime Ousama Ranking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.