3 Tempat Terbaik Untuk Melihat Aurora

oleh -55 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak selebriti Tanah Air yang pernah berwisata melihat aurora, seperti pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Nah untuk bisa melihat aurora, kamu harus berkunjung ke tempat yang sangat jauh, karena aurora hanya bisa di lihat di negara yang jauh dari garis khatulistiwa. (Nuri)

Fenomena aurora ini terkait dengan selubung medan magnet atau magnetosfer Bumi dan aktifitas kemunculan cahaya dari matahari. Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat di perkiraan semakin kuat gangguan dari matahari yang di kenal sebagai badai matahari (solar storm).

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Bioluminescence di Dunia

Menurut Wikipedia Aurora atau cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer dari sebuah planet, sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Tromso, Norwegia

Pada Desember hingga Februari merupakan bulan favorit untuk berburu aurora di Norwegia. Tromso adalah tempat terbaik dan paling populer untuk menikmati aurora borealis. Bahkan saat Desember, di selanggarakan acara tahunan polar Night Half Marathon di Tromso. Tempat ini menjadi destinasi wisata winter favorit keluarga untuk berlibur.

Finlandia

Spot terbaik untuk melihat aurora di Finlandia terdapat di Kakslauttanen, Muonio, Rovaniemi dan Paatsjoki Finnish Lapland. Waktu yang tepat untuk melihat aurora di Finlandia adalah pada Desember hingga Februrari, karena cahaya aurora akan berpendar sempurna di atas salju

Anchorage dan Fairbanks, Alaska

Anchorage terletak di Alaska Tengah Selatan. Lokasi ini menjadi spot terbaik untuk melihat aurora karena suasana kota yang masih sepi dari penduduk, udara yang bersih serta kontur wilayah yang didominasi oleh pegunungan dan bebukitan.

Kita hanya bisa membayangkan keindahannya dari jauh. Mungkin suatu saat nanti kita bisa pergi ke salah satu tempat tersebut dan melihat aurora dengan orang tersayang.

Sumber: travel.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *