7 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental

oleh -39 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memasak di rumah adalah pengalaman indrawi. Dari mulai menyiapkan bahan-bahannya hingga proses menghidangkannya merupakan proses masak, dan aroma yang memenuhi ruangan saat Anda membawa makanan Anda lebih dekat ke penyelesaian hanya…memuaskan. Tapi, bisakah memasak benar-benar membantu meningkatkan kesehatan mental Anda? (herdi)

1. Perasaan Pencapaian

Saat Anda memasak untuk diri sendiri atau orang lain, Anda menetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk diri sendiri. Ini cocok dengan jenis terapi yang dikenal sebagai “aktivasi perilaku.” Digunakan untuk mengobati depresi dan kecemasan, aktivasi perilaku adalah fokus pada peningkatan “kontak pasien dengan sumber penghargaan,” menurut Society of Clinical Psychology.

Ini juga memerangi penundaan dengan perilaku positif yang berorientasi pada tujuan. Dalam konteks ini, makanan buatan sendiri adalah hasil positifnya.

2. Latih Kreativitas Anda

Menjadi kreatif di dapur dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental Anda. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology menemukan bahwa orang yang terlibat dalam kegiatan kreatif – menulis, mencoret-coret, menyanyi, memasak – tampaknya menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

Memasak di rumah memberi Anda kesempatan untuk bereksperimen di dapur dan menemukan bagaimana masing-masing bahan berperan dalam hidangan.

3. Kesabaran

Seperti kata pepatah, “sabar adalah kebajikan.” Hal ini terutama berlaku dalam kedekatan era digital, ketika kita dapat berinteraksi dengan orang-orang di belahan dunia lain, menonton seluruh musim pertunjukan hanya dalam beberapa kali duduk, dan bentuk kepuasan instan lainnya.

Memasak di rumah membutuhkan kesabaran dalam beberapa langkah. Ini berarti meluangkan waktu untuk mencincang bawang putih, bawang merah, dan jahe untuk mendapatkan rasa yang optimal atau menunggu kue vegan menjadi dingin sebelum gigitan pertama.

4. Terhubung Dengan Orang Lain

Memasak untuk orang lain bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga yang membantu membangun harga diri Anda. Tetapi meminta orang lain untuk berperan aktif di dapur dapat menciptakan rasa kebersamaan dan juga meningkatkan komunikasi. Jika Anda masak dengan keluarga atau teman, memutuskan siapa yang mengambil tugas dapat menjadi sangat menyenangkan dan merupakan latihan dalam mendelegasikan tugas.

5. Tingkatkan Hubungan Anda Dengan Makanan

Belajar masak di rumah bisa berdampak positif pada hubungan Anda dengan makanan. Karena menurut Dr. Susan Moore, juru bicara American Dietetic Association, anak-anak yang orang tuanya mengundang mereka untuk memasak berpikir positif tentang makanan sehat.

Banyak orang (termasuk saya sendiri) di besarkan dalam rumah tangga di mana mereka tidak pernah di ajari keterampilan kuliner.

6. Menjadi Lebih Sehat

Merencanakan atau menyiapkan makanan Anda sebelumnya juga efektif, menurut Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan. Sembilan puluh lima persen serotonin Anda – neurotransmitter yang mengatur tidur dan nafsu makan, memediasi suasana hati, dan menghambat rasa sakit – di produksi di saluran pencernaan Anda dan penelitian telah menemukan hubungan antara kesehatan usus dan kesehatan mental.

7. Terorganisir

Setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, memasak di rumah selama sebagian besar minggu dapat membantu meningkatkan organisasi dan perhatian Anda. Lihatlah apa yang sudah ada di dapur Anda saat Anda merencanakan makan. Kemudian, coba cari tahu apa yang bisa Anda hasilkan dari itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.