Acer Aspire Vero: Laptop Terbaru yang Ramah Lingkungan

oleh -40 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Aspire Vero, laptop keluaran terbaru dari Acer ini mengusung konsep yang berbeda dari varian laptop terdahulunya. Yap, sebab laptop ini berkonsep ramah lingkungan, yang sebagian besar material laptop ini terbuat dari bahan daur ulang. Mulai dari kotak kemasannya, hingga body laptopnya.

Acer Aspire Vero : Laptop Paling Ramah Lingkungan
Post Consumer Recycled, sebagai tanda bahwa laptop ini terbuat dari bahan daur ulang. (Source: PhemmzChannel)

Pihak Acer sangat memperhatikan setiap aspek dari Acer Aspire Vero ini. Mulai dari pemilihan bahannya, warna produk, sampai mencetak logo/branding pada laptop ini. Semua ini Acer lakukan agar laptop yang mereka ciptakan aman dan ramah terhadap lingkungan.

Nah, penasaran bagaimana “dalaman” dari laptop eco-friendly ini? Yuk, simak pembahasan berikut ini! (arfan)

Aspire Vero, laptop dengan konsep eco-friendly yang terbuat dari bahan daur ulang. (Sumber: www.acerid.com)

Prosesor

Untuk prosesor, laptop ini menggunakan Intel Core i5-1155G7. Ini adalah varian terbaru dari prosesor Intel Core generasi ke-11, yang merupakan turunan dari Core i5-1135G7 dengan codename Tigerlake seri-U (ultra-low power, alias prosesor hemat daya). Fabrikasi prosesor ini pun teranyar, yakni 10nm super-fine, dengan 4 cores dan 8 threads.

Maksimum turbo boost prosesor ini ada di 4.5 Ghz. Terjadi peningkatan 0.2G Hz dari seri pendahulunya yakni Core i5-1135G7. TDP (Thermal Design Power) prosesor ini ada di 12-28 watt, dengan 8 MB Intel Smart Cache di dalamnya.

RAM

Untuk RAM dari laptop ini, yang terpasang adalah 8 GB DDR4 3200 MHz single-channel yang sudah tersolder dengan motherboard, alias on-board. Namun sobat Zetizen nggak perlu khawatir karena masih tersedia satu slot SO-DIMM yang bisa kamu gunakan untuk upgrade RAM menjadi dual-channel hingga 24 GB (8 GB on-board + 16 GB SO-DIMM).

Agar performa laptop lebih stabil dan kencang, kami sarankan untuk meng-upgrade menjadi dual-channel. Namun, jika kamu tidak ingin pun tidak masalah, karena dengan RAM 8 GB sudah mumpuni untuk melakukan kegiatan harian dengan laptop ini.

Baca juga: Seperti Apa Kemajuan AI Di Tahun 2022? – Zetizen Cirebon (radarcirebon.com)

Storage

Untuk storage, laptop ini dibekali penyimpanan SSD NVMe PCIe 512 GB, sob. Sayangnya, hanya tersedia satu slot penyimpanan, sehingga untuk upgrade harus mengganti SSD bawaan laptop ini, ya Sob.

Namun, kamu bisa mengakali penyimpanan dengan hard disk eksternal yang bisa disambungkan melalui port USB yang tersedia, mengingat harga SSD yang lumayan mahal untuk generasi Z. Gunakan SSD hanya untuk menyimpan file-file yang berukuran kecil dan simpan yang besar di hard disk untuk menghemat ruang SSD.

Graphic Card

Acer Aspire Vero menggunakan Intel Iris Xe Graphics untuk kartu pengolah grafiknya.
Intel Core i5 1155G7 berpadu dengan kartu grafis buatan Intel, yakni Intel Iris Xe Graphics. (Source: PhemmzChannel)

Untuk integrated graphic, Acer menggunakan Intel Iris Xe Graphics 80 EU (Execution Unit) dengan maximum dynamics frequency di1.35 GHz. Terdapat sedikit peningkatan bila dibandingkan dengan pendahulunya, seri 1135G7 yang hanya 1.3 GHz.

Wireless Connectivity

Untuk Wireless Connectivity, Acer menggunakan modul wireless terbaru, yakni Intel Wifi AX201 yang sudah mendukung Wifi 6 (atau Wifi AX), Gigabit Wifi, dan mendukung Bluetooth versi 5.2. Dengan modul tersebut, kamu dapat menyambung ke perangkat nirkabel dengan lebih kuat dan kecepatan transfer data yang lebih cepat (bila dibandingkan dengan versi sebelumnya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *