,

Mengenal Alat Musik Kalimba Khas Afrika

oleh -185 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Salah satu alat musik yang sedang populer sekarang adalah Kalimba. Kalimba sendiri adalah alat musik tradisional dari Afrika yaitu daerah Zimbabwe. Yang terbuat dari kayu dan tuts yang terbuat dari logam. Alat musik kalimba di ibaratkan sebagai alat musik piano modern yang menggunakan jari jari tangan untuk nada. Yuk kenalan lebih dalam sama alat musik yang satu ini! (Nuri)

Baca juga: Ragam Alat Musik Tradisional di Jawa Barat

Kalimba adalah sebuah alat musik perkusi. Merupakan versi modern dari alat musik mbira dari Afrika bagian selatan. Terdiri dari sebuah kotak suara dengan tuts-tuts logam yang menempel ke bagian atas untuk memberikan not-not berbeda.

Asal usul alat musik kalimba

Tracey mengenal kalimba sekitar tahun 1920 ketika pertama kali datang ke Rhodesia atau Zimbabwe untuk membantu saudaranya di perkebunan. Tracey tertarik dengan instrument ini sehingga ia mengembangkannya di Eropa dengan lebih modern dan di beri nama kalimba. Akhir 1950-an, dia mendirikan perusahaan African Musical Instruments (AMI) dan menyetel tangga nada Do-Re-Mi versi barat ke kalimba. Ini sekaligus menjadi pembeda antara kalimba dan mbira. Kemudian di perkenalkan di Eropa sekitar tahun 1960-an oleh Hugh Tracey.

Cara memainkan alat musik kalimba

Memainkan alat musik kalimba cukup mudah. Kalimba di pegang dengan kedua tangan lalu kedua jempol di gunakan untuk memetik ujung logam hingga menghasilkan nada-nada yang indah dan merdu. Suara yang keluar di perkuat oleh resonantor dari lubang buluh kayu tersebut. Cara merubah nada agar suara kalimba lebih tinggi atau rendah adalah sebagai berikut. Lempengan besi apabila di perjauh dari lubang resonansi maka suara akan naik pitchnya. Apabila sebaliknya di perdekat ke lubang resonansi maka suara akan turun pitchnya. Dengan mengatur posisi lempengan yang ada, maka kita bisa menghasilkan variasi nada yang lebih tinggi ataupun rendah. Stem pada kalimba tersebut bisa di lakukan menggunakan tuner sesuai nada yang tercantum atau menyamakan nada dengan instrument yang sudah terstem dengan benar.

Sumber: kelasmusik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.