Pemalu Wajib Baca, Cara Bicara Penuh Karismatik

oleh -21 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@melynavv?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Melyna Valle</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/presentation?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bersikap tenang dalam banyak situasi adalah suatu hal yang sangat diperlukan oleh banyak orang, salah satunya pada saat hendak ingin bicara. (RF17)

Mungkin kalau kamu pernah liat bagaimana hebatnya para pemimpin bangsa ini dapat berbicara dengan gagah dengan penuh ketenangan terlihat penuh karismatik. Kita pasti kenal dengan pemimpin bangsa pertama kita yaitu presiden Ir. Soekarno, Betapa berwibawanya beliau ketika berbicara. Nah, buat kalian yang pengen tahu gimana sih caranya kita bisa bicara dengan tenang dan penuh karismatik, kalian wajib baca ulasan berikut.

Aturan 5 Detik

Kalian pasti pernah dengar istilah five second rule, kalau belum berarti itu PR yah buat di rumah hehe, udah kayak sekolah aja ada PR. Nah, ternyata aturan ini bisa kamu coba loh saat kamu ingin mulai berbicara. Dengan tidak langsung merespon ucapan lawan membuat kamu seolah-olah mempertimbangkan dan memikirkan apa yang telah mereka ucapkan.

Tapi ada yang perlu diperhatikan yaitu jangan terlalu lama dalam berhitung, itu bisa memberikan kesan bahwa kamu sedang bingung. Jangan juga terlalu cepat menanggapi agar kita terlihat tetap tenang dan berwibawa. Nah, kalau kamu takut sulit mendapatkan momentum, atau kamu merasa 5 detik terlalu lama atau cepat, kamu bisa memberikan respon singkat terlebih dahulu. Ketika memberikan respon singkat seperti “oke”,”eh”, itu menandakan kita siap untuk berbicara, bisa juga dengan menunjukkan gestur tubuh seperti kita hendak berbicara.

Berbicara dengan Tenang

Tentunya sosok karismatik selalu berkaitan dengan sifat tenang. Banyak pembicara hebat selalu tenang dalam berbicara, seperti Presiden pertama kita atau tokoh dalam film seperti Thomas Shelby. Dari dua tokoh ini kita bisa melihat betapa karismatiknya mereka ketika berbicara. Sikap tenang dan pengambilan nafas saat berbicara membuat sosok kedua tokoh tersebut sangat karismatik.

Kontak Mata

Melihat mata lawan bicara membuat lawan bicara seolah-olah merasa diperhatikan. Dengan memberikan kontak mata yang tulus akan membuat lawan bicara kita merasa aman dan terbuka dengan kita. Ketika seseorang sudah merasa aman dan nyaman maka akan mudah bagi mereka menangkap maksud dari apa yang ingin kita sampaikan.

Baca Juga : Cara Membangun Kerja Sama yang Efektif

Jangan Menyela

Nah, point berikutnya adalah larangan menyela ucapan orang lain. Menyela pembicaraan orang lain akan memberikan kesan buruk pada diri kita, yang nantinya akan merusak karismatik yang tengah kita bangun. Menyela pembicaraan menandakan kita memiliki attitude yang buruk.

Menjadi pembicara yang handal itu artinya kita juga harus menjadi pendengar yang baik juga. Dengan memahami perasaan lawan kita, kita jadi bisa memilih cara apa yang bisa kita sampaikan kepada lawan kita agar mereka mudah memahami maksud kita.

2 thoughts on “Pemalu Wajib Baca, Cara Bicara Penuh Karismatik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *