Cara Atasi Rasa Insecurity dalam Sebuah hubungan

oleh -17 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di lansir dari situs verywellmind Insecurity adalah perasaan tidak mampu yang lahir dari kurangnya rasa percaya diri. Ini dapat menyebabkan Anda meragukan kemampuan, naluri, dan hubungan Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk percaya pada diri sendiri dan mempercayai orang lain. (herdi)

Insecurity bisa menjadi emosi yang menyakitkan dan sulit untuk dialami. Ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda serta hubungan Anda.

Artikel ini mengeksplorasi tanda, penyebab, dan konsekuensi rasa tidak aman dalam hubungan dan menyarankan strategi untuk membantu Anda mengatasinya.

Tanda-tanda Insecurity dalam Hubungan

Dalam hubungan romantis, rasa tidak aman dapat mendorong Anda ke pikiran dan perilaku yang tidak membantu, yang dapat mencakup:

  • Terus-menerus memeriksa pasangan Anda jika Anda tidak bersama mereka untuk menentukan keberadaannya
  • Tidak mempercayai pasangan Anda untuk tetap setia kepada Anda dan terus-menerus khawatir bahwa mereka selingkuh
  • Merasa iri dengan semua orang lain dalam hidup mereka dan membenci orang lain yang dekat dengan mereka.

Penyebab Insecurity dalam Hubungan

Ini adalah beberapa kemungkinan penyebab insecurity dalam hubungan, menurut Romanoff.

Hubungan Sebelumnya yang Tidak Menyenangkan

Orang-orang yang pernah berada dalam hubungan yang tidak sehat di mana pasangan mereka tidak dapat dipercaya atau memperlakukan mereka dengan buruk mungkin akan menyimpan emosi tersebut dan membawanya ke dalam hubungan baru mereka.

Hal ini cenderung terjadi ketika orang tidak memproses secara emosional dan menangani reaksi mereka terhadap hubungan ini sendiri. Sebaliknya, mereka melompat ke hubungan lain.

Percaya Diri Rendah

Orang dengan kepercayaan diri yang rendah mungkin mengalami rasa tidak aman dalam hubungan mereka karena mereka mungkin tidak percaya bahwa mereka layak mendapatkan cinta atau dukungan dari pasangan mereka.

Pengalaman seperti diintimidasi, diejek, atau dilecehkan oleh pengasuh dapat mengirim pesan bahwa Anda berbeda atau tidak cukup baik. Pengalaman-pengalaman ini dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda dan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan Anda saat ini.

Pengabaian atau Penganiayaan

Orang-orang yang memiliki pengalaman pengabaian atau perlakuan buruk yang kronis cenderung memiliki rasa tidak aman dalam hubungan mereka karena mereka hanya memiliki sedikit kesempatan di mana kebutuhan mereka telah terpenuhi secara memadai.

Kecemasan Sosial

Sementara banyak orang mengalami beberapa tingkat kecemasan sosial dalam situasi seperti pertemuan, pesta, kencan, dan pertemuan besar, beberapa orang memiliki bentuk yang lebih parah yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri mereka dalam hubungan.

Dampak Insecurity pada Hubungan

Insecurity memengaruhi hubungan Anda dengan menciptakan ketidakseimbangan. Anda menjadi lebih sibuk dengan apa yang tidak diberikan pasangan Anda dan sebaliknya menuntut kepastian atau validasi untuk rasa tidak aman Anda.

Anda mulai menganggap pasangan Anda sebagai objek untuk mengelola perasaan tidak aman Anda alih-alih menghubungkannya dengan mereka secara setara.

Strategi untuk Mengatasinya

Romanoff menyarankan beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengatasi dan merasa lebih aman dalam hubungan Anda.

  • Identifikasi pemicu Anda: Menjadi lebih sadar diri tentang situasi yang memicu rasa tidak aman Anda. Lacak topik atau area yang memicu perasaan tidak aman sehingga Anda dapat mulai mengidentifikasi masalah yang perlu Anda atasi.
  • Berkomunikasi dengan pasangan Anda: Terlibat dalam komunikasi yang lebih terbuka tentang rasa tidak aman Anda, bagaimana mereka muncul dalam hubungan Anda, dan cara Anda dapat mulai mengatasinya.
  • Ekspresikan perasaan Anda: Bertujuan untuk berbagi perasaan Anda dengan pasangan Anda tanpa menyalahkan mereka. Misalnya, alih-alih mengatakan “Kamu membuatku stres karena …”, katakan “Saya terkadang stres karena …”
  • Dengarkan pasangan Anda: Berusahalah untuk mendengarkan pasangan Anda dengan pikiran terbuka, sehingga Anda dapat memahami perspektif mereka juga.
  • Cobalah membuat jurnal: Akan sangat membantu jika Anda membuat jurnal di mana Anda menuliskan pemikiran Anda ketika Anda merasa tidak aman. Latihan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi situasi yang memicu rasa tidak aman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.