Daftar Prosesor AMD yang Sudah Include Grafis Intergrated 2022 (Part 2)

oleh -63 views
Prosesor AMD Grafis

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahun berganti, namun tampaknya dunia masih dihantui dengan yang namanya kelangkaan alias chip shortage. Di sana-sini, tidak sedikit kami mendapati mereka yang mengurungkan niatnya merakit sebuah komputer hanya untuk sekedar gaming maupun content creation. (mrg)

Kubu merah, alias AMD, dari dulu memang menawarkan solusi murah yang mungkin buatmu tertarik mencobanya, prosesor berupa accelerated processing unit. Prosesor yang umum disebut APU ini menawarkan prosesor yang dibekali kemampuan pemrosesan grafis secara terintegrasi dengan kekuatan yang melebihi kompetitornya.

Bedanya, APU besutan AMD ini benar-benar cukup membuat kewalahan kubu biru Intel karena benar-benar mampu tekan alokasi dana yang dibutuhkan. Buat sebagian orang, eksistensi APU bak penyelamat di tengah kelangkaan yang entah kapan berakhirnya.

Sedangkan bagi segelintir orang, kehadiran APU hanya merupakan placeholder untuk kemudian dilengkapi dengan GPU. Tentu ini memunculkan value tersendiri di tengah sulitnya mencari alternatif murah meriah seperti sekarang.

Tidaklah sedikit jumlah orang-orang yang mencari rekomendasi prosesor dengan grafis terintegrasi terbaik kubu merah AMD di tahun 2022. Faktor utama yang mendorong hal ini ialah mampu menikmati games kekinian tanpa harus keluarkan uang berlebih.

Nah, berikut ini adalah daftar prosesor AMD yang sudah memiliki grafis intergrated 2022. Let’s check this out!

Athlon 3000G

Untuk kamu yang memiliki budget lebih dan ingin memainkan games yang tak jadul-jadul amat, maka Athlon 3000G mampu jadi solusi. Prosesor dengan grafis terintegrasi atau iGPU ini tawarkan 2 cores dan 4 threads, namun tak kalah secara kekuatan. Meski hanya 2 cores, namun prosesor ini cukup mampu memainkan games zaman now yang sedikit menuntut.

Prosesor Athlon 3000G ini merupakan penerus tahta dari Athlon 200GE yang sukses menyabet bermacam titel beberapa tahun silam. Grafis terintegrasi atau iGPU yang disematkan pada prosesor ini sudah benar-benar baru, yaitu keluarga VEGA 3. Memainkan games sekelas Fortnite, rasanya bukanlah pekerjaan berat bagi prosesor low-end ini.

Berkat kelangkaan yang berlangsung, APU ini sudah menembus 1 Jutaan Rupiah, bahkan tak jarang yang ‘memaksa’ untuk dibeli secara bundle. Penulis pernah gunakan prosesor ini sebagai daily driver, dan tak mendapati kendala berarti bahkan untuk mainkan games sekelas GTA 5.

Baca juga : iPad Air 5 akan Siap Diluncurkan, Berikut Spesifikasinya

Ryzen 5 3400G

Beralih ke generasi berikutnya, selaku penerus dari APU seri 2000, Ryzen 5 3400G adalah prosesor yang tak bisa dipandang remeh. 3400G ialah generasi kedua dari varian APU, namun jelas lebih kuat. Prosesor ini tawarkan 4 cores dan 8 threads yang membolehkanmu lakukan multitask tanpa permasalahan berarti.

Berbicara grafis terintegrasi atau iGPU, 3400G menawarkan VEGA 11 yang termasuk killer di masanya. Memainkan games sekelas Apex Legends masih bisa dilaksanakan tanpa stutter di sana-sini berkat jumlah threads yang lebih ramai. Menjalankan Genshin Impact pada resolusi 1080P pun bukanlah masalah untuk prosesor yang kini harganya meroket ini.

Untuk meminangnya, kamu terpaksa harus merogoh kocek hampir di bawah 4 Jutaan Rupiah hanya untuk menikmati performa yang ditawarkannya. Tentu saja, penulis juga pernah miliki dan gunakan APU yang bisa diandalkan ini selama kurang lebih tiga tahun lamanya. Bila kamu butuh performa lebih, rasanya tak salah rekomendasikan prosesor satu ini.

Ryzen 7 5700G

Bila generasi sebelumnya tak hadirkan APU yang bebas dibeli dimana-mana, AMD ingin ubah persepsi tersebut lalui seri 5000. Prosesor AMD Ryzen 7 5700G ini termasuk flagship yang tawarkan 8 cores dan 16 threads, dan gunakan arsitektur Zen 3. Menurut penulis, ini merupakan APU terkuat kelas dekstop saat ini yang bisa kamu pertimbangkan.

Untuk urusan grafis terintegrasi, 5700G percayakan VEGA 8 yang kurang lebih sama dengan generasi terdahulu, namun lebih ngebut. Memadukan kekuatan arsitektur terbaru dan kecepatan yang lebih kencang melahirkan flagship dengan grafis terintegrasi kelas desktop.

Teruntuk kamu yang benar-benar membutuhkan prosesor yang bisa diandalkan, penulis rasa ini adalah jawaban untuk hapus semua keraguanmu. Selain itu, prosesor ini bahkan dibanderol tepat di bawah 5 Jutaan Rupiah, tentunya cukup oke untuk saat ini.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.