Dampak Buruk Akibat Sering Begadang Bagi Kesehatan

oleh -34 views
business, overwork, deadline and people concept - tired man on table at night office

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dampak buruk akibat sering begadang bagi kesehatan. Seperti halnya alunan lagu dangdut yang menyatakan kalau begadang itu boleh-boleh saja, asalkan ada artinya. Yaps..tampaknya ucapan tersebut bukan hanya lirik semata akan tetapi terdapat makna bahwa melakukan aktivitas begadang itu dengan aktivitas yang bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. (ree)

Baca juga: Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah

Pada umumnya tubuh manusia memiliki jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari tubuh akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, tetap saja dapat mengubah jam biologis kamu. Apabila jam biologis kamu berubah, maka akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula. Adapaun beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan. Berikut rangkumannya.

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Risiko Diabetes

Akibat buruk begadang bagi kesehatan yang pertama ialah risiko terserangnya diabetes, ketika tubuh tidak mendapatkan asupan tidur yang cukup, maka tubuh akan menyeimbangkan dengan cara mengeluarkan hormon stres tingkat tinggi seperti kortisol untuk membuat kamu tetap waspada. Dan jika diteruskan akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Kesulitan Berkonsentrasi

Dampak buruk lainnya bisa menurunkan fungsi daya nalar dan kemampuan memecahkan masalah. Sehingga produktivitas kita juga ikut menurun dalam menyelesaikan tugas sehari-hari. Jika kamu sudah kehilangan konsentrasi, kamu akan sulit untuk bekerja terutama pada pagi hari.

Melemahnya Imunitas

Begadang yang dilakukan secara terus-menerus bisa melemahkan imunitas tubuh kamu sehingga tubuh akan rentan terserang penyakit. Maka dari itu diperlukannya kualitas tidur yang baik, karena saat tertidur tubuh kita yang sedang beristirahat akan memproduksi jumlah sitokin.

Sitokin sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh sebagai salah satu protein dalam sistem kekebalan tubuh.

Peningkatan Berat Badan

Kurang tidur dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak dalam tubuh sehingga membuat rasa lapar cenderung meningkat, yang akhirnya berdampak pada bertambahnya berat badan.

Mudah Lupa

Ketika kamu tidur, jaringan sel-sel saraf di otak akan mengalami proses perbaikan atau regenerasi. Dengan terbentuknya jaringan otak yang sehat, fungsi otak kamu akan selalu terjaga. Regenerasi jaringan otak juga penting untuk memperkuat ingatan atau daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikir.

Jika sebaliknya kamu sering begadang maka sel-sel dan jaringan otak akan lebih cepat rusak dan sulit diperbaiki, hal ini dapat membuat fungsi otak terganggu yang akhirnya kamu lebih sering mengantuk, mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi.

Sumber: Terlalu Sering Begadang, Ini Dampaknya pada Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.