Emotional Eating! Stop Kebiasaan Makan Saat Marah

oleh -81 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah Anda menemukan diri Anda berlari ke dapur ketika Anda merasa sedih atau kesal? Menemukan kenyamanan dalam makanan adalah hal biasa, dan itu adalah bagian dari praktik yang disebut emotional eating. (herdi)

Orang yang makan secara emosional meraih makanan beberapa kali seminggu atau lebih untuk menekan dan menenangkan perasaan negatif. Mereka bahkan mungkin merasa bersalah atau malu setelah makan dengan cara ini, yang mengarah ke siklus makan berlebih dan masalah terkait, seperti penambahan berat badan.

Apa yang menyebabkan seseorang makan karena emosinya?

Apa pun mulai dari stres kerja hingga kekhawatiran finansial, masalah kesehatan hingga pergulatan hubungan dapat menjadi akar penyebabnya.

Ini adalah masalah yang mempengaruhi kedua jenis kelamin. Namun menurut penelitian yang berbeda, emotional eating lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Mengapa makanan?

Emosi negatif dapat menyebabkan perasaan hampa atau kekosongan emosional. Makanan diyakini sebagai cara untuk mengisi kekosongan itu dan menciptakan perasaan palsu tentang “kepenuhan” atau keutuhan sementara. Faktor lainnya termasuk:

  • mundur dari dukungan sosial selama masa kebutuhan emosional
  • tak terlibat dalam kegiatan yang mungkin sebaliknya menghilangkan stres, kesedihan, dan sebagainya
  • tidak memahami perbedaan antara fisik dan emosional kelaparan
  • menggunakan self-talking negatif yang berhubungan dengan pesta pora
  • Semua episode. Ini bisa menciptakan siklus emotional eating mengubah kadar kortisol sebagai respons terhadap stres, yang mengarah ke mengidam.

Bagaimana cara menghentikan emotional eating?

Rasa lapar emosional tidak mudah dipadamkan dengan makan

Meskipun mengisi mungkin berhasil pada saat itu, makan karena emosi negatif sering membuat orang merasa lebih kesal daripada sebelumnya. Siklus ini biasanya tidak berakhir sampai seseorang memenuhi kebutuhan emosional secara langsung.

Temukan cara lain untuk mengatasi stres

Menemukan cara lain untuk mengatasi emosi negatif sering kali merupakan langkah pertama untuk mengatasi emotional eating. Ini bisa berarti menulis di jurnal, membaca buku, atau mencari waktu beberapa menit untuk bersantai dan melepaskan tekanan dari hari itu. Bagaimana menghentikan emotional eating

Rasa lapar emosional tidak mudah dipadamkan dengan makan

Meskipun mengisi mungkin berhasil pada saat itu, makan karena emosi negatif sering membuat orang merasa lebih kesal daripada sebelumnya. Siklus ini biasanya tidak berakhir sampai seseorang memenuhi kebutuhan emosional secara langsung.

Temukan cara lain untuk mengatasi stres

Menemukan cara lain untuk mengatasi emosi negatif sering kali merupakan langkah pertama untuk mengatasi emotional eating. Ini bisa berarti menulis di jurnal, membaca buku, atau menemukan beberapa menit untuk bersantai dan melepaskan tekanan dari hari itu.

Gerakkan tubuhmu

Beberapa orang merasa lega dengan berolahraga secara teratur. Berjalan-jalan atau jogging di sekitar blok atau rutinitas yoga cepat dapat membantu pada saat-saat yang sangat emosional.

Coba meditasi

Yang lain ditenangkan dengan beralih ke praktik seperti meditasi. Ada berbagai penelitian yang mendukung meditasi mindfulness sebagai pengobatan untuk gangguan makan berlebihan dan emotional eating.

Pernapasan dalam yang sederhana adalah meditasi yang dapat Anda lakukan hampir di mana saja. Duduk di tempat yang tenang dan fokus pada napas Anda — perlahan-lahan mengalir masuk dan keluar dari lubang hidung Anda.

Usir gangguan

Anda mungkin mendapati diri Anda makan di depan televisi, komputer, atau gangguan lainnya. Coba matikan tabung atau letakkan telepon Anda saat Anda menemukan diri Anda dalam pola ini lagi.

Bekerja pada self-talk yang positif

Perasaan malu dan bersalah berhubungan dengan emotional eating. Penting untuk mengatasi pembicaraan-diri yang Anda alami setelah suatu episode — atau itu dapat menyebabkan siklus perilaku emotional eating.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.