,

Fakta Menarik dan Sejarah Taj Mahal

oleh -83 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa si yang tidak tahu Taj Mahal salah satu bagian dari 7 keajaiban di dunia. Mulai dari bangunanya yang elegan sampai sejarah nya bercampur aduk perasaan. Apakah kalian tahu? kalo Taj Mahal juga punya fakta yang jarang di ketahui banyak orang lho! Simak artikel di bawah ini (Nuri)

Taj Mahal merupakan bangunan masjid indah yang terletak di Kota Agra, India. Masjid ini masuk dalam kategori Tujuh Keajiban Dunia karena kemegahannya. Bagunan ini di bangun pada tahun 1632 hingga 1653 dengan menawarkan pekerja baik pekerja seni maupun pekerja bangunan. Rancang bangun masjid ini di lakukan oleh salah satu arsitek Mughal terbaik yaitu Isa Muhammad. Ternyata proses pembangunan memiliki sejarah yang menarik untuk diulas.

Baca Juga: Bersejarah! Inilah 7 Bendera Nasional Tertua di Dunia

Sejarah Taj Mahal

Taj Mahal adalah simbol cinta dari Raja Shah Jahan untuk istrinya, Mumtaz Mahal, yang meninggal setelah melahirkan anak ke-14. Mumtaz adalah istri ketiga dan menjadi istri yang paling di sayang. Ia merupakan sosok istri yang cantik, setia, dan rela untuk memiliki banyak anak. Kala itu, Mumtaz, meminta sang suami berjanji untuk mendirikan monumen yang didedikasikan untuk cinta mereka berdua. Kemudian, ia juga meminta agar suaminya tak akan menikah lagi dan berjanji untuk menyayangi anak-anak mereka.

Karena merasa patah hati ditinggal sang istri untuk selama-lamanya, Raja Shah Jahan pun menuruti permintaannya. Membutuhkan 11 tahun untuk pembuatan Taj Mahal ini, yang mulai dibangun pada 1632 dan selesai tahun 1643. Saat itu, Taj Mahal dibangun oleh 20 ribu pekerja.

Bangunan Taj Mahal di buat dari marmer putih yang mencerminkan rona yang di sesuaikan dengan cahaya matahari dan sinar bulan. Marmer putih tersebut berhiaskan 28 jenis batu mulia dan semi mulia yang berasal dari India dan Asia. Sedangkan pada makam berbentuk segi delapan yang di hiasi relief. Bangunan Taj Mahal juga banyak di hiasi dengan ayat-ayat Al Quran yang berbentuk kaligrafi Arab.

Fakta Unik Taj Mahal

1. Puluhan ribu pekerja membangun taj mahal

ada 20.000 pekerja mulai dari buruh bangunan, pemotong batu, pelukis, seniman bordir, seniman kaligrafi dan masih banyak lagi.

2. Terdapat Banyak Prasasti Dalam Bentuk Ukiran Kaligrafi

Taj Mahal merupakan sebuah maha karya yang di dedikasikan sebagai tempat penghormatan atas Mumtaz Mahal. Dengan begitu banyak sekali di temukan prasasti yang menghiasi interior maupun eksterior bangunan dalam bentuk tulisan kaligrafi.

3. Warna Taj Mahal Dapat Berubah Sesuai Mood

Apakah kamu sudah tahu jika Taj Mahal dapat berubah warna dalam waktu-waktu tertentu di hari yang berbeda? Ya, warna Taj Mahal bisa berubah-ubah sesuai mood, penyebabnya adalah marmer putih dan keramik yang memantulkan cahaya.

4. Taj Mahal Sebenarnya Adalah Kuil Hindu

Taj Mahal di bangun dengan perpaduan arsitektur India, ersia, dan Islam dan di anggap sebagai maha karya era Mughal. Namun seorang penulis dari India bernama PN Oak, mengklaim jika Taj Mahal sebenarnya adalah Kuil Shiv (kuil hindu) dan istana Rajput yang di bangun oleh raja Hindu, Parmar Dev.

Jadi pengin pergi ke Taj Mahal nih. Dari sejarah dan fakta di atas sudah membuat kita merasakan berada di Taj Mahal ya walaupun di rumah.

Sumber: travelingyuk.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.