Ada Gerhana Yang Bisa Dilihat Di Indonesia! Inilah 4 Gerhana Yang Terjadi Tahun 2022

oleh -13 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gerak revolusi bumi dan bulan mengelilingi matahari menyebabkan terjadinya gerhana. Gerhana bisa kita lihat dari bumi menggunakan alat atau dari mata langsung. Tidak semua negara bisa menyaksikan fenomena gerhana ini terjadi, tapi berbahagialah karena Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa melihat fenomena itu terjadi. Inilah 4 Gerhana yang terjadi tahun 2022! (Nuri)

Gerhana adalah sebuah fenomena alam ketika suatu benda langit bergerak ke dalam bayangan benda langit lainnya. Dalam hal ini terjadi pada bulan, bumi, dan matahari. Ada dua jenis gerhana yang kita kenal, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

Baca juga: 5 Fenomena Langit yang Hanya Terjadi di Bulan Ini!

Apa saja fenomena gerhana tahun 2022?

1. Gerhana matahari pada 30 April 2022 Pada tanggal 30 April 2022 dan 25 Oktober 2022. Terdapat dua gerhana yang akan terjadi. Pada momen ini, terjadi gerhana matahari sebagian, dengan maksimum sebesar 64 persen. Hanya bisa di nikmati di Cile, Argentina, pulau-pulau kecil seperti Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich selatan dan Tierra del Fuego, dan Samudera Pasifik bagian tenggara.

2. Gerhana matahari pada 25 Oktober 2022 Sementara itu, gerhana akan kembali terjadi, dengan maksimum 86,2 persen di Rusia bagian barat. Peristiwa tersebut hanya bisa di nikmati di beberapa wilayah dunia, seperti Greenland, Rusia bagian barat, beberapa kota di Spanyol bagian timur laut dan utara, Tunisia, Libia, Mesir, Ethiopia, Eritrea, Somalia, Timur Tengah, Asia Tengah, India, Pakistan, Nepal, Bangladesh.

3. Gerhana bulan total pada 16 Mei 2022 Gerhana bulan total ini hanya dapat disaksikan di beberapa negara lain. Fenomena ini dapat di saksikan hanya di beberapa negara saja seperti Kanada, Amerika Serikat, Meksiko Amerika Tengah Amerika Selatan, Greenland, Islandia, sebagian besar Eropa, Afrika, Timur Tengah.

4. Gerhana bulan total pada 8 November 2022

Gerhana bulan total yang terjadi pada 8 November 2022 dapat di saksikan di Indonesia. Fenomena ini mempunyai durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbra selama 3 jam 39 menit 50 detik. Gerhana bulan tahun 2022 yang akan terjadi pada November mendatang itu termasuk ke dalam gerhana ke-20 dari 72 gerhana dalam Seri Saros 136 (1680-2960).

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *