Ingin Build PC Gaming Impian? Simak Beberapa Faktor Penting Ini (Part 1)

oleh -361 views
Gaming PC

ZETIZEN RADAR CIREBON – Membuat atau kerennya merakit sebuah komputer biasanya identik dengan impian bagi mereka yang senang memainkan games dengan komputer. Tidak hanya gamers, namun content creator, maupun pekerja kantoran pun biasanya membutuhkan eksistensi komputer demi permudah pekerjaan yang mereka lakukan. (mrg)

Pemilihan komponen yang tepat sasaran yang sesuai dengan peruntukan tentu mampu tingkatkan produktivitas secara signifikan. Karena tidak akan mungkin gamers mampu berpuas diri bila gunakan spesifikasi yang dibutuhkan pekerja kantoran, begitu pula sebaliknya.

Mereka yang harus fokus dalam lautan data, tentu takkan bisa fokus dengan warna-warni dari komponen serba RGB yang tonjolkan sisi gamer mereka. Bukannya fokus bekerja, mereka malah berpusing ria karena peruntukan yang memang tak tepat sasaran. Oleh karenanya, vital rasanya memilih komponen yang memang sesuai kebutuhan.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin membuild PC gaming impianmu sendiri.

Tidak Wajib Gunakan Motherboard Premium

Aspek pertama yang harus diperhatikan tentu adalah motherboard. Kalau boleh jujur, dan tentunya berdasarkan pengalaman pribadi penulis, sebuah motherboard tidak harus premium selama ia bisa tuntaskan semua tuntutanmu.

Faktor vital seperti voltage regulator module (VRM), heatsinkexpansion slot, bahkan chipset, tampaknya berimbas pada pemilihan sebuah motherboard yang ideal. Perlu dicatat bahwa sebuah motherboard tidaklah harus mahal-mahal amat, selama itu bisa memenuhi semua tuntutanmu, why not brott?

Karena banyaknya varian motherboard yang bisa kalian temui di pasaran, penulis hanya berikan referensi secara general.

Untuk kubu biru Intel, semua motherboard termasuk mencukupi karena Intel tak terlalu ribet dalam urusan ini-itu. Mulai dari chipset terbaru, H510, B560, Z590, sampai dengan H610, B660, dan Z690, semua tawarkan kelebihan sesuai socket-nya. Intinya, motherboard senilai 800 Ribuan sampai dengan 8 Jutaan Rupiah pasti mampu penuhi kebutuhanmu.

Baca juga : PCIe 6.0 Tengah Dalam Masa Pengembangan

Pilih Prosesor High-End

Aspek kedua yang harus diperhatikan tentu adalah otak dari komputer yang akan menaikkan derajatnya menjadi PC gaming impian. Untuk merakit sebuah komputer yang bisa melibas apapun yang dibutuhkan, tentunya kamu diharuskan untuk pilih prosesor kelas atas alias high-end.

Biasanya, prosesor high-end ini tawarkan jumlah cores dan threads yang cukup banyak, buatmu takkan ragu memilihnya. Secara umum, prosesor ini biasanya dibanderol mulai dari 5 Jutaan Rupiah, sebuah nilai yang cukup besar memang. Namun kamu tak perlu khawatir akan kekuatannya untuk laksanakan semua perintahmu tanpa masalah berarti.

Di antaranya kami rekomendasikan Intel Core i7-12700F yang merupakan Generasi Ke-12 dengan codename Alder Lake. Prosesor anyar yang miliki 12 cores dan 20 threads ini termasuk mumpuni untuk eksekusi semua video games tanpa hambatan. Prosesor dari Intel ini tawarkan 8 performance cores, dan 4 efficiency cores.

Bila kamu tak suka kubu biru, kami miliki rekomendasi dari kubu merah AMD, yaitu Ryzen 7 5800X. Prosesor seri 5000 dari AMD ini tawarkan 8 cores dan 16 threads, dan termasuk mampu eksekusi semua permainan maupun content creation tanpa masalah berarti.

Meski ada prosesor yang lebih mahal, namun kami hanya rekomendasikan kedua prosesor ini bila tujuanmu hanya untuk bermain video games. Jangan takut, keduanya bahkan bisa berikan performa multitasking yang termasuk solid untuk zaman now.

Power Supply Sangatlah Penting. Jadi Pilihlah yang Paling Berkualitas!

Kami rasa sebuah PC gaming idaman tak sepantasnya gunakan power supply (PSU) kaleng-kaleng atau abal-abal, bukan. Layaknya jantung manusia, fungsi dari PSU berkualitas adalah pastikan bahwa asupan daya yang dikirimkan ke tiap komponen sudah sesuai standar.

Ada banyak sekali bentuk dan niche yang ditawarkan sebuah power supply. Mulai dari sertifikasi efisiensi daya, sampai dengan bermacam bentuk yang ditawarkan.

Untuk komputer gaming standar, besaran 400-500W dengan sertifikasi 80+ tampaknya adalah hal yang mutlak dibutuhkan. Lain halnya bila kita merakit PC gaming idaman dengan GPU papan atas, besaran daya mulai dari 600W dengan sertifikasi 80+ Gold sudah harus dipertimbangkan.

Biasanya, PSU dengan sertifikasi 80+ tersebut dibanderol mulai dari 400 Ribuan Rupiah. Sedangkan PSU dengan sertifikasi 80+ Gold dihargai mulai dari 1 Jutaan Rupiah.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.