Ingin Build PC Gaming Impian? Simak Beberapa Faktor Penting Ini (Part 2)

oleh -84 views
Gaming PC

ZETIZEN RADAR CIREBON – Membuat atau kerennya merakit sebuah komputer biasanya identik dengan impian bagi mereka yang senang memainkan games dengan komputer. Tidak hanya gamers, namun content creator, maupun pekerja kantoran pun biasanya membutuhkan eksistensi komputer demi permudah pekerjaan yang mereka lakukan. (mrg)

Pemilihan komponen yang tepat sasaran yang sesuai dengan peruntukan tentu mampu tingkatkan produktivitas secara signifikan. Karena tidak akan mungkin gamers mampu berpuas diri bila gunakan spesifikasi yang dibutuhkan pekerja kantoran, begitu pula sebaliknya.

Mereka yang harus fokus dalam lautan data, tentu takkan bisa fokus dengan warna-warni dari komponen serba RGB yang tonjolkan sisi gamer mereka. Bukannya fokus bekerja, mereka malah berpusing ria karena peruntukan yang memang tak tepat sasaran. Oleh karenanya, vital rasanya memilih komponen yang memang sesuai kebutuhan.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin membuild PC gaming impianmu sendiri.

Pilihlah RAM yang Ideal

Selain tiga komponen di atas, memilih RAM ideal sudah barang tentu tak boleh dilewatkan untuk maksimalkan potensi PC gaming idamanmu. Sebagai standar kekinian, kapasitas 8GB tampaknya dikategorikan standar terendah untuk bisa menikmati bermacam games zaman now.

Saat ini, banyak sekali brand yang tawarkan memory dengan kapasitas besar dengan speed yang menurut penulis sudah mencukupi. Di antaranya DDR4 dengan kecepatan 2666MHz yang tawarkan performa standar, sampai dengan DDR4 5000-an ke atas yang goda performa gahar.

Berbicara besaran minimal, penulis rekomendasikan RAM ideal untuk PC gaming idamanmu tawarkan besaran 2x8GB. Besaran tersebut harus ditemani speed sebesar 2666MHz-3200MHz untuk maksimalkan potensi dari PC gaming yang kamu miliki.

Perlu diperhatikan bahwa prosesor low-end dan mid-end, terutama dari kubu biru Intel takkan terkena imbas kecepatan yang ditawarkan sebuah RAM. Sepengetahuan penulis, umumnya prosesor tersebut hanya dibatasi pada 2666MHz saja. Namun hal ini akan sangat berimbas pada kubu merah AMD yang benar-benar haus akan kecepatan.

Selain kecepatan, latency adalah hal yang perlu diperhatikan. Secara umum, semakin rendah latency suatu RAM, tentu bisa berikan performa lebih, meski harus ditebus mahal. Selain itu, biasanya latency rendah lebih mempengaruhi performa dari accelerated processing unit dari kubu merah AMD.

Untuk kubu biru Intel, penulis rekomendasikan DDR4 brand T-Create 2x8GB 3200MHz yang bisa kamu dapatkan di kisaran 1 Jutaan Rupiah. Sedangkan untuk kubu merah AMD, penulis rekomendasikan DDR4 Corsair Vengeance Pro RGB 2x8GB 3600MHz di kisaran 1 Jutaan Rupiah pula.

Baca juga : Kabarnya AMD Athlon 4000G Hanya Tersedia di Market OEM

Pilih Kapasitas Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

Untuk menyimpan koleksi video games, sudah barang tentu kita membutuhkan media penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan. Entah itu hardisk, maupun solid-state disk dengan segala bentuknya, tentu harus disesuaikan dengan slot yang ada di motherboard. Menurut penulis, SSD adalah hal yang mutlak di zaman sekarang.

Besaran 240-256GB umumnya merupakan besaran minimal yang harus kamu ambil ketika merakit sebuah PC gaming, terlebih di tahun 2022 ini. Tidak ada salahnya ambil kapasitas yang lebih kecil seperti pada 120GB, namun tentu harus kembali disesuaikan dengan peruntukan.

Sedikit tips dari penulis, SSD dengan kapasitas 120GB sudah lebih dari cukup untuk bermacam aplikasi standar. Di saat yang sama, hardisk dengan kapasitas 500GB ke atas bisa kamu jadikan alternatif media penyimpanan. Namun, bila kamu membutuhkan kecepatan loading yang ngebut, tentu kamu harus rela menyisihkan alokasi dana kembali.

Biasanya, SSD berkapasitas 120GB bisa kamu dapatkan dengan harga 100 Ribuan Rupiah. Sedangkan untuk hardisk dengan kapasitas 500GB, bisa kamu dapatkan mulai dari 300 Ribuan Rupiah. Bila membutuhkan penyimpanan berkualitas, penulis rekomendasikan WD_Black SN750 yang pernah kami review sebelumnya.

Pilihlah GPU yang Masih Worth It Digunakan

Aspek lain yang membuat sebuah PC identik dengan gaming tier sudah barang tentu dari sisi GPU. Meski kini harganya masih tidak masuk akal berkat cryptocurrency, namun kamu harus rela keluarkan uang untuk dapatkan GPU sesuai kebutuhanmu. Tidak harus mahal, selama itu bisa penuhi kebutuhan gaming-mu, ya kenapa tidak brott?

Memilih GPU seharga 1 Jutaan seperti GT1030 tampaknya bukanlah masalah, terlebih bila hanya sekedar memainkan games yang tak terlalu menuntut. Namun akan lain ceritanya bila orang tersebut ternyata bermain Apex Legends pada resolusi 4K. Akan tidak nyaman bila memainkan games tersebut dengan GPU kentang, bukan brott?

Bila kamu adalah gamers yang demikian, GPU sekelas GTX1650 yang dibanderol mulai dari 3 Jutaan Rupiah, tampaknya bisa jadi pilihan. Namun, bila kamu benar-benar kejar performa, tampaknya GPU minimal sekelas RX 6600 XT senilai 10 Jutaan Rupiah bisa kamu pertimbangkan.

Setelah memilih GPU, kamu harus pastikan konsumsi daya yang dibutuhkan. Biasanya, semakin mahal suatu GPU, maka akan semakin kuat dan akan makin makan daya. Pastikan juga bahwa listrik di rumah, kos-kosan, dan kantormu mendukung agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.