Kenali kadar pH untuk kesehatan kulitmu!

oleh -139 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kadar pH pada kulit ternyata punya pengaruh besar pada kesehatan wajah lho. Kulitmu bisa menjadi sangat sensitif jika kamu mengabaikannya. Yuk simak pengertian berikut dan cara menjaga pH pada kulit! (Nuri)

Pengertian pH

Potential Hydrogen atau pH adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur keasaman pada kulit. Skala untuk mengukur tingkat asam-basa suatu zat dari 1 (paling asam) ke 14 (paling basa), dan pH netral ada di angka 7.

Berapa pH kulit wanita normal?

Melansir dari alodokter.com, pH normal kulit manusia memang cenderung asam. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa pH normal kulit berkisar antara 6,0. Namun penelitian yang lebih baru menyatakan bahwa pH kulit normal berkisar antara 4,5-5,5. Alasan pH kulit yang sedikit asam ini adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang bersifat patogen dan menjaga kesehatan di kulitmu. Sedangkan bakteri normal kulit dapat tumbuh baik dalam pH sedikit asam.

Cara menjaga pH pada kulit:

1. Perhatikan kondisi kulit Gunakanlah pembersih wajah dengan pH yang rendah agar kulitmu tidak kering dan sensitif. Jika terasa seperti itu bisa jadi kadar kulitmu sedang tinggi, dan hindari penggunaan pembersih wajah dengan pH yang tinggi.

2. Konsumsi Anti Oksidan Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari bisa memicu perubahan produksi melanin pada kulit. Antioksidan ini membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan.

3. Pilih produk perawatan wajah yang ringan Ganti produk kosmetik atau skincare dengan yang berbahan alami atau organik agar pH kulit lebih seimbang dan kulit lebih sehat. Lakukan juga perawatan kulit secara rutin dan tepat sasaran. Pastikan wajahmu bersih dan melembabkan wajah sebelum tidur.

4. Perhatikan pola makan Hindari konsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula, kafein, dan alkohol karena dapat meningkatkan kadar keasaman sehingga berdampak pada kadar pH kulit wajah.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan pH wajah agar anda terhindar dari berbagai masalah kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *