Kesejahteraan Emosional! Tanda Emosimu Stabil

oleh -53 views
Wellness instead of stress. Hand turns a dice and changes the word "stress" to "wellness".

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ungkapan “kesejahteraan emosional” biasanya memunculkan asosiasi yang menyenangkan seperti kegembiraan, kebahagiaan, cinta, dan penerimaan. Namun, bagaimana kita menangani perasaan tidak menyenangkan yang kita alami sebenarnya merupakan indikator paling signifikan dari kondisi

Kesejahteraan emosional dan mental

Banyak orang bingung di antara kesejahteraan emosional dan mental. Kesejahteraan mental, atau kesehatan mental, dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk faktor biologis, psikologis, sosial, dan lingkungan. Ini termasuk hal-hal seperti:

  • kondisi hidup
  • diskriminasi & kekerasan
  • pendidikan
  • keterhubungan komunitas
  • dll

Komponen kesehatan emosional juga merupakan kontributor untuk kesejahteraan mental. Ini adalah faktor individu yang terlibat dalam regulasi emosional, seperti kemampuan untuk mengatasi stres serta keterampilan komunikasi dan sosial yang diperlukan untuk mempertahankan hubungan dengan orang lain.

Kesejahteraan fisik

Ini dapat didefinisikan sebagai pilihan gaya hidup dan perilaku yang memastikan kesehatan yang baik dan mengurangi risiko penyakit dan kondisi yang dapat dicegah sambil mempromosikan keadaan pikiran, tubuh, dan jiwa yang seimbang.

Sementara masing-masing bentuk kesejahteraan ini dapat didefinisikan secara terpisah, jelas bahwa mereka semua saling berhubungan. Kesejahteraan emosional khususnya adalah tentang menerima dan mengekspresikan perasaan dengan cara yang dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik yang positif.

Bagaimana tetap selaras dengan dan meningkatkan kesejahteraan emosional Anda

1. Pelajari cara mengatasi stres dengan tepat

Yoga, berjalan/berolahraga, bernapas dalam-dalam, meditasi, dan berhubungan dengan teman-teman adalah di antara banyak teknik menghilangkan stres yang sehat dan menenangkan. Ini berbeda tergantung pada situasinya. Misalnya, jika Anda sedang bekerja dan sesuatu yang membuat stres terjadi pada atasan Anda, Anda mungkin tidak dapat menarik matras yoga dan melakukan beberapa pose.

2. Bangun kecerdasan emosional Anda

Kecerdasan emosional adalah kemampuan Anda untuk mengenali, memahami, dan menggunakan emosi Anda secara positif untuk mengatasi stres dan membantu mengelola hubungan/berkomunikasi secara efektif pada saat konflik. Ini sangat penting untuk kesejahteraan emosional Anda secara keseluruhan. Misalnya, ini dapat dibagi menjadi empat bentuk:

  • Self Awareness – kenali emosi, kekuatan, kelemahan, dan motivasi Anda sendiri serta dampaknya terhadap orang lain
  • Self Management – mengontrol atau mengarahkan impuls negatif atau mengganggu dan beradaptasi dengan situasi tertentu
  • Social Awareness – mempertimbangkan perasaan orang lain dan memahami konteks situasi tertentu
  • Relationship Management – menegosiasikan emosi agar bisa bergaul dengan orang lain.

3. Menerima semua emosi

Banyak orang takut akan emosi negatif. Kita sering diajari bahwa ini tidak boleh dialami dan bahwa kita harus menyembunyikannya. Sebaliknya, menerima ini sebagai hal yang alami dan sehat sangat penting untuk mengembangkan kesejahteraan emosional.

4. Pastikan untuk mendedikasikan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai

Banyak orang memiliki begitu banyak kewajiban dalam hidup sehingga mereka merasa tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat mereka bahagia. Memprioritaskan ini tidak hanya membantu Anda mempertahankan kesejahteraan emosional yang positif, tetapi juga dapat membantu Anda menjadi lebih produktif dengan memberikan pikiran dan tubuh Anda kelonggaran dari stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.