,

Ketahui Bahaya Pelecehan Seksual dan Dampaknya

oleh -101 views
Pelecehan seksual

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kekerasan dan pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja pada siapa saja. Itu tidak pernah salah korban. Halaman ini adalah untuk saran umum tentang bahayanya saat bepergian. Jika Anda berada di luar negeri dan membutuhkan bantuan, lihat saran kami tentang apa yang harus di lakukan jika Anda telah di serang secara seksual. (herdi)

Serangan seksual

Kekerasan seksual adalah tindakan kekerasan yang melanggar rasa aman dan kendali seseorang dan dapat membuat mereka merasa tidak berdaya dan tidak terhormat.

Fakta kunci tentang kekerasan seksual

  • Itu bisa terjadi pada siapa saja. Pria, wanita, LGBTI, tua atau muda. WHO memperkirakan 35% wanita di seluruh dunia dan 5-10% pria menjadi korban.
  • Itu bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Berjalan di jalan atau tampaknya dalam keamanan kamar hotel Anda sendiri.
  • Siapapun bisa menjadi pelaku. Itu bisa dengan mudah menjadi orang asing seperti seseorang yang dekat. Ini dapat mencakup teman, keluarga, mitra, dan teman perjalanan.

Pelecehan seksual

Apa itu pelecehan seksual? Pelecehan seksual adalah setiap perilaku seksual yang tidak di inginkan atau tidak diinginkan.

Komisi Hak Asasi Manusia asal Australia memberikan contoh pelecehan seksual sebagai berikut:

  • menatap, melirik atau menyentuh yang tidak di inginkan
  • komentar sugestif atau lelucon
  • undangan yang tidak di inginkan untuk berkencan atau meminta seks
  • pertanyaan yang mengganggu tentang kehidupan atau tubuh pribadi seseorang
  • keakraban yang tidak perlu, seperti sengaja menyentuh seseorang
  • mengirim email atau menampilkan pornografi atau lelucon kasar
  • mengkomunikasikan konten yang bersifat seksual melalui media sosial atau pesan teks.
  • Seperti halnya segala bentuk kekerasan seksual, siapa pun bisa menjadi korban atau pelaku.

Dampak pada korban

Colleen Cullen, psikolog klinis berlisensi, mencatat bahwa bagi korban pelecehan seksual, diagnosis yang paling umum adalah depresi, kecemasan, dan bahkan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Pelecehan seksual sangat bermasalah bukan hanya karena mengabaikan ilmu kedokteran dan merusak kisah para penyintas, tetapi juga karena hal itu menimbulkan keraguan yang melumpuhkan yang di hadapi begitu banyak korban. Keraguan ini dapat mendorong penolakan, yang dapat menyebabkan komplikasinya sendiri, terutama di sekitar kesehatan fisik.

Terkadang pelecehan seksual tercatat sebagai trauma, dan sulit bagi [pasien] untuk menghadapinya, jadi yang sebenarnya terjadi adalah tubuh mulai kewalahan.

Tidak hanya itu, dampak yang paling terasa untuk korban adalah saat sang korban sudah mulai melupakan kejadian itu atau saat korban sudah beranjak dewasa.

Ada satu kenalan saya yang menjadi korban pelecehan seksual saat ia masih kecil. Kamu pasti merasa geram dengan pelaku tersebut, yap! Apalagi saya yang menjadi temannya mendengar hal tersebut. Namun, yang perlu di ketahui adalah kejadian yang pernah ia alami di masa kecil sangat berdampak dengan dirinya di masa sekarang.

Pelaku bejat itu menargetkan seorang anak yang tidak tahu apa-apa, pelaku tersebut tidak memikirkan apa yang akan anak tersebut terima di masa yang akan datang. Hingga ia dewasa barulah ia paham kalau perbuatan pelaku di masa lalu itu termasuk dalam pelecehan seksual.

Sang korban terpuruk dalam beberapa waktu, tak berani untuk membicarakannya dengan siapa pun. Namun dengan seiringnya waktu berjalan, ia akhirnya berdamai dengan masa lalunya dan memutuskan untuk memaafkan perbuatan pelaku pada diri nya.

untuk itu bagi kalian agar tetap menjaga keamanan diri sendiri, tidak laki laki maupun perempuan berpotensi menjadi korban dalam hal ini. Tidak ada salahnya bagi kalian mempelajari bela diri sebagai bekal self deffence, perlu di ingat juga agar tidak memancing lawan jenis seperti bertingkah secukupnya, bergaul dengan sehat dan memakai pakaian yang sopan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.