Khasiat Dari Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

oleh -38 views
Daun Sirih Merah

ZETIZEN RADAR CIREBON – Khasiat dari daun sirih merah. Sirih merah merupakan tumbuhan yang memiliki berbagai macam khasiat. Salah satu jenis daun sirih yang sering kita temui adalah sirih hijau. Akan tetapi ada satu jenis daun sirih yang tidak kalah berkhasiat, yaitu daun sirih merah. Daun sirih yang satu ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri. Di samping itu, daun sirih merah masih menyimpan banyak manfaat lain untuk tubuh. Mulai dari sebagai bahan antiseptik hingga bisa digunakan sebagai obat penyakit dalam seperti pneumonia. (ree)

Berikut beberapa manfaat dari daun sirih merah yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak penjelasannya.

baca juga : Light Therapy! Mengenal Alat Terapi Penghilang Depresi

Khasiat daun Sirih Merah

Daun Sirih Merah selain untuk kesehatan juga untuk memperindah pekarangan rumah.

Antiseptik

Manfaat rebusan daun sirih yang pertama sebagai bahan alami antiseptik. Kandungan antibakteri yang terdapat pada daun sirih memang sangat ampuh untuk membunuh bakteri atau kuman. Dari kandungan tersebut daun sirih merah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan cuci tangan.

Mengurangi Bau Mulut dan Badan

Kandungan senyawa eugenol terdapat pada daun sirih merah guna untuk mengatasi bau mulut dengan cara berkumur dengan air rebusan daun sirih merah. Bukan hanya itu saja, air rebusan daun sirih merah mampu mengatasi bau badan. Di dalam kandungan senyawa dari daun sirih merah dapat mengatur produki hormon kelenjar keringat dalam tubuh.

Mengobati Gusi Berdarah

Bagi kamu yang memilki masalah gusi sensitif, dapat menggunakan daun sirih merah sebagai bahan alami untuk mengatasinya. Daun ini dapat mengatasi pendarahan akibat peradangan gusi. Bagi kamu yang tertarik mencobanya, kamu dapat merebus beberapa lembar daun sirih merah lalu gunakan air rebusan untuk berkumur.

Mengobati Sakit Perut

Manfaat rebusan daun sirih merah berikutnya adalah mampu mengatasi sakit perut. Hal ini dapat kamu dapatkan sebagai salah satu manfaat rebusan daun sirih merah. Untuk membuat minuman daun sirih merah dapat dengan merebus 3 lembar daun sirih merah lalu kamu bisa meminumnya.

Mengobati Gatal

Manfaat rebusan daun sirih merah dapat digunakan untuk mengobati gatal pada kulit, jika kamu mendapatkan reaksi gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, kamu dapat segera merebus 20-30 lembar daun sirih merah, gunakan air rebusan daun sirih merah untuk mandi. Dengan begitu rasa gatal akibat serangga pada kulit dapat berkurang.

Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan, memerhatikan pola tidur, dan berolahraga secara rutin.

Sumber : Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *