Khasiat Daun Saga Bagi Kesehatan Tubuh

oleh -207 views
Biji dan Daun Saga

ZETIZEN RADAR CIREBON – Khasiat daun saga bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu tahu apa manfaat dari daun saga? Hmm..sepertinya masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui dari daun tersebut. Orang-orang yang sudah mengetahui daun herbal ini pada umumnya memanfaatkannya sebagai bahan masakan karena aromanya yang kuat dan khas. (ree)

Daun saga ini memiliki ciri-ciri daunnya yang kecil bulat dan tumbuh banyak di tangkai tanamannya. Ciri lainnya dari tanaman herbal ini yaitu bijinya sendiri yang berwarna merah berukuran kecil. Daun ini mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Baca juga : Khasiat Dari Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari daun saga yang bisa kamu dapatkan dari artikel ini. Yuk, simak penjelasannya.

Khasiat Daun Saga

Jika mengkonsumsi daun saga rasanya tidaklah pahit, namun rasanya manis. Akan tetapi walaupun daunnya kecil daun herbal tersebut tidak bisa kita remehkan. Karena daun saga mengandung nutrisi seperti vitamin C, protein, vitamin A, vitamin B1, flisirzinat, pentosan, glisirizin, kalsium oksalat, dan piridoxsin

Adapun beberapa manfaat dari kandungan nutrisi dan zat yang ada di dalam daun saga untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut,

Selain kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat di daun tersebut, daun saga juga mengandung zat yang bersifat antimikroba dan dapat mencegah timbulnya plak gigi.

Meredakan Panas Dalam

Manfaat daun saga yang selanjutnya adalah untuk membantu meredakan panas dalam, walaupun panas dalam bukan termasuk penyakit berat akan tetapi panas dalam membuat orang merasa tidak nyaman. Gejala ini biasanya ditandai dengan sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan dan napas tidak sedap.

Untuk meredakannya dengan caranya yaitu, cuci bersih sekitar 10-15 daun saga lalu rebus dengan 2 gelas air, dinginkan lalu saring dan air rebusan daun saga dapat segera diminum.

Meredakan Peradangan dan Menyembuhkan Luka

Ekstrak dari daun saga memiliki sifat antibakteri dan antiradang, manfaat ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan akibat peradangan.

Obat Batuk dan Flu

Daun saga bertindak sebagai antitusif dan dapat menenangkan tenggorokan, oleh karena itu daun saga ini memiliki manfaat dalam pengobatan batuk dan penyakit pada tenggorokan.

Salah satu cara untuk mengonsumsinya yaitu dengan membuatnya menjadi teh ataupun dengan cara menyaringnya lalu dapat diminum secara rutin untuk membantu meringankan masalah demam, batuk dan flu.

Memberikan Efek Relaksasi

Daun ini dapat kita manfaatkan sebagai aromaterapi atau teh herbal yang dapat menimbulkanefek relaksasi dan mengurangi stres, berkat daun ini kamu akan merasa lebih tenang dan rileks.

Sumber : Mengetahui Kandungan dan Manfaat Daun Sage bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *