,

Mammoth Si Hewan Purba Berbulu Lebat

oleh -109 views
Mammoth
Source by HarianMassa.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kalian tahu film Ice Age (2002)? Jika kalian tahu, pasti kalian pernah melihat  pada salah satu hewan zaman purba ini pada film Ice Age (2002)? Yahh, Mammoth ini merupakan salah satu tokoh hewan purba yang berbulu lebat yang memiliki belalai dan juga terdapat dua gading di samping belalainya seperti gajah yang terdapat pada film Ice Age (2002). (Aul)

Mammoth adalah hewan purba yang berevolusi menjadi gajah, yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada gajah normal pada masa kini. Mammoth memiliki gading  yang melingkar seperti kurva ke arah dalam, yang berfungsi sebagai benteng  untuk melindungi dirinya untuk melawan musuh, dan juga untuk memisahkan makanan yang terkena salju untuk dimakan. Mereka juga memiliki bulu yang lebat untuk menghangatkan diri pada saat cuaca dingin seperti pada zaman es. Gajah purba ini hidup dalam masa Pleistosen sejak 1,6 juta tahun yang lalu dan telah punah sekitar 10.000 tahun silam.

Pada zamannya, Mammoth hidup di sebuah padang rumput. Meskipun memiliki badan yang besar dan terlihat menyeramkan. Hewan berbulu lebat ini juga tergolong satwa purba yang memakan tumbuhan atau bisa di sebut herbivora. Gigi mereka sama seperti gigi gajah yang hidup pada zaman sekarang. Mammoth termasuk hewan mamalia. Mereka juga berkembang biak dengan cara melahirkan.

Penyebab Kepunahannya

Penyebab kepunahan Mammoth sebenarnya masih di perdebatkan dalam dunia ilmuwan. Ada yang beranggapan bahwa penyebab punahnya mereka disebabkan perburuan yang dilakukan oleh manusia dan adapula yang beranggapan disebabkan oleh perubahan iklim. Namun, analisis menunjukkan kepunahan Mammoth lebih dipicu oleh perubahan iklim. Lajunya perubahan iklim yang cepat akhirnya menyebabkan mereka pada kepunahan.

Mammoth tak dapat beradaptasi dengan cukup cepat, ketika lanskap berubah secara dramatis dan menyebabkan makanan mereka menjadi langka. Meskipun dingin, lingkungan hidup mereka memiliki banyak vegetasi untuk mendukung berbagai hewan. Sementara saat iklim memanas, ekosistem berubah. Pepohonan dan tanaman lahan basah mengambil alih dan menggantikan habitat padang rumput Mammoth. Danau, sungai, dan rawa-rawa juga akan terbentuk. Manusia pun sama sekali tak berdampak pada mereka.

Baca juga : Mengenal Futabasaurus Sang Dinosaurus dari Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.