Light Therapy! Mengenal Alat Terapi Penghilang Depresi

oleh -173 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Light therapy, juga di kenal sebagai fototerapi adalah terapi yang di gunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan mental. Terutama, ini di gunakan untuk mengobati jenis depresi umum yang di sebut gangguan afektif musiman (SAD). Yang juga di kenal sebagai winter blues atau seasonal depression. (herdi)

Light therapy juga dapat membantu sebagai terapi untuk bentuk lain dari depresi, gangguan tidur, atau kondisi lainnya.

Yang Perlu Diketahui

Sejak mendapatkan pengakuan sebagai pengobatan pada 1980-an, terapi cahaya telah menjadi pengobatan lini pertama untuk SAD. Yang merupakan bagian dari depresi yang berdampak pada wanita lebih sering daripada pria dan cenderung terjadi dari masa remaja hingga menopause.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa SAD terjadi tetapi tampaknya terkait dengan sistem reproduksi wanita. Berbagai hormon, dan berkurangnya paparan sinar matahari.

Bagaimana Light therapy Bekerja

Light therapy mudah di gunakan. Yang di perlukan hanyalah kotak atau lampu light therapy, yang cukup Anda colokkan, nyalakan. Dan duduk cukup dekat agar mata dan kulit Anda dapat menyerap cahaya selama waktu yang di tentukan. Mesin itu sendiri biasanya terdiri dari lampu neon pada dasar reflektif logam dengan layar plastik di atasnya untuk menyebarkan cahaya dan menyaring sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya.

Para peneliti tidak sepenuhnya yakin bagaimana atau mengapa terapi ini bekerja. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa pengobatan ini memang menawarkan kelegaan gejala bagi banyak orang.

Kegunaan

Seperti di sebutkan di atas, terapi ini dapat di gunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan mental dan seringkali merupakan rekomendasi pengobatan pertama bagi mereka yang menderita SAD.

Manfaat

Kemanjuran light therapy mapan, terutama untuk digunakan dengan gangguan afektif musiman. Namun, penting untuk di pahami bahwa meskipun light therapy sering kali menawarkan perbaikan pada gejala depresi. Terapi ini tidak menawarkan penyembuhan untuk SAD atau kondisi lainnya.

Jika Anda memiliki gangguan bipolar, sangat penting untuk berkonsultasi dengan penyedia medis Anda sebelum memulai light therapy karena perawatan ini dapat memicu mania. Penelitian telah menunjukkan bahwa ini dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif bagi mereka dengan gangguan bipolar. Meskipun penelitian lebih lanjut di perlukan untuk menentukan protokol yang paling efektif dalam hal durasi sesi, frekuensi, dan kekuatan cahaya.

Salah satu manfaat besar menggunakan terapi ini adalah bahwa kebanyakan orang memiliki efek samping yang minimal. Jika ada, dan memiliki jauh lebih sedikit daripada kebanyakan perawatan lainnya.

Efek samping yang di laporkan dari terapi ini termasuk kelelahan mata, sakit kepala, lekas marah, atau mual. Dampak buruk ini biasanya minimal dan berhenti ketika perangkat di matikan atau setelah beberapa hari.

Apakah Light Therapy Tepat untuk Anda?

Jika Anda menderita SAD, jenis depresi lain, atau masalah tidur, light therapy mungkin cocok untuk Anda, bersama dengan perawatan lain atau sendiri.

Bicaralah dengan dokter atau penyedia kesehatan mental Anda tentang bagaimana menggunakan lightbox dapat bermanfaat bagi Anda dan/atau bekerja dalam terapi lain yang saat ini Anda gunakan.

2 thoughts on “Light Therapy! Mengenal Alat Terapi Penghilang Depresi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.