Manfaat Kemangi Yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -32 views
Daun Kemangi yang memiiki ciri khas berbau harum dan hangat jika dimakan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sobat pecinta lalapan terutama Kemangi, pasti sudah pernah dong mencicipi rasa dari Kemangi yang segar dan hangat. Namun perlu diketahui bahwa tanaman yang dijadikan lalapan satu ini memiliki banyak manfaat, penasaran? Yuk, simak beberapa manfaat berikut. (tezz)

Mengurangi stress oksidatif

Antioksidan sangat penting dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang di hasilkan oleh metabolisme dan proses alami lainnya. Ini bisa di sebabkan oleh merokok dan beberapa  makanan  tidak sehat.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menghilangkan molekul-molekul ini dari tubuh. Saat mereka menumpuk, stres oksidatif dapat terjadi, yang menyebabkan kerusakan sel dan beberapa penyakit.

Para ilmuwan telah mengaitkan kanker, penyakit jantung, kencing manis, dan masalah kesehatan lainnya dengan stres oksidatif.

Kemangi dapat mengatasi depresi

Manfaat daun ini bila di gunakan sebagai minyak atsiri membantu mengatasi depresi dan kecemasan.

Ramuan ini dikatakan merangsang neurotransmiter, yang merupakan hormon pengatur yang terlibat dalam meningkatkan kesejahteraan dan energi.

Menjaga kesehatan Hati/Liver

Sebuah studi Ayurveda tahun 2015 terhadap tikus menyimpulkan bahwa antioksidan dalam ramuan bubuk, termasuk  kemangi, memiliki efek positif pada kesehatan hati.

Para ilmuwan memberikan bubuk kemangi tikus setelah sebelumnya menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati. Rata-rata daunnya berperan dalam pengobatan tradisional India.

Kemangi bagus bagi yang memiliki oily skin

Manfaat daunnya membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit yang sangat baik ini sangat cocok untuk  kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan kotoran dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah Anda dan diamkan selama 20 menit. Apakah itu lepas dengan air dingin. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun yang satu ini akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

Melawan Kanker

Fitokimia yang terkandung dalam daun kemangi  membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, menyebabkan kematian sel, dan menunda pembelahan sel.

Namun, studi dalam tinjauan ini dilakukan secara praklinis atau  pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampaknya pada manusia.

Sumber : orami.co.id

Baca juga: Tanaman Daun Sendok, Tanaman Berbentuk Sendok ini Memiliki Manfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.