Membaca Komik Bermanfaat? Berikut 5 Manfaatnya

oleh -114 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi sebagian orang, kata “kutu buku” mungkin mengingatkan kita pada gambaran seorang remaja laki-laki kurus dengan kawat gigi dan kacamata botol belo. Kutu buku pernah menjadi merek tertentu dari orang buangan sosial: orang yang tidak pernah berbicara dengan gadis-gadis, dan membaca buku komik secara religius. (herdi)

Baca Juga: Hellbound, Manhwa Thriller Karya Direktur “Train to Busan”

Nah, saya punya berita untuk Anda: kutu buku tidak ada lagi. Anak laki-laki yang terbuang telah belajar bahwa ada juga perempuan yang terbuang, bahwa menjadi ahli dalam sains bukan lagi sesuatu yang memalukan, dan bahwa membaca buku komik adalah sesuatu yang dapat dinikmati semua orang.

1: Buku Komik Membantu Orang Belajar Mencintai Membaca

Banyak orang, terutama pembaca muda yang berjuang untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka, dapat mengambil manfaat dari format visual buku komik dan novel grafis. Dengan visual yang intens dan fokus pada plot dan karakter, buku komik bisa jauh lebih menarik daripada media sastra lainnya, seperti novel atau cerita pendek.

Buku komik juga dapat membantu orang mengembangkan keterampilan membaca yang diperlukan untuk memahami teks dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ketika orang membaca buku komik, mereka belajar bagaimana memproses informasi secara berbeda, seperti yang akan saya lakukan di bagian berikut.

2: Buku Komik Membantu Kami Berpikir Berbeda

Menurut profesor bahasa Inggris dari University of Windsor, Dale Jacobs (2007), buku komik mengharuskan pembaca untuk menciptakan makna menggunakan “beberapa modalitas.” Pembaca buku komik harus memproses semua komponen yang berbeda—visual, spasial, dan tekstual—dari apa yang mereka baca dan mengintegrasikan komponen-komponen ini ke dalam satu pemahaman cerita yang kokoh.

Ini berarti bahwa, meskipun buku komik mungkin menarik bagi pembaca untuk alasan yang sama, orang-orang ini tertarik pada bentuk hiburan lain, seperti televisi dan video game, membaca buku-buku ini sebenarnya melibatkan pemrosesan yang jauh lebih kompleks.

3: Cerita Mungkin Baik untuk Otak Anda

Tidak diragukan lagi Anda telah diberitahu bahwa membaca itu baik untuk Anda. Tumbuh dewasa, Anda mungkin diberitahu bahwa semakin banyak Anda membaca, semakin baik Anda menjadi pembaca. Namun, jika Anda tidak tertarik untuk menjadi pembaca yang baik sejak awal, ini bukanlah insentif yang besar untuk meneruskannya lebih lanjut.

4: Buku Komik Itu Keren

Buku komiknya keren! Teenage Mutant Ninja Turtles. Batman. Wolverine. Lentera hijau. manusia super. Hulk yang luar biasa. Laki-laki di baju hitam. Kapten Amerika. Empat Fantastis. Manusia Besi. Manusia laba-laba.

Kecuali Anda telah hidup di bawah batu, Anda mungkin pernah mendengar semua karakter ini. Anda bahkan mungkin pernah melihat sebagian besar film mereka. Anda tahu mengapa? Karena superhero itu keren. Dan dari mana superhero berasal? Buku komik.

5: Buku Komik Lebih dari Sekedar Cerita Pahlawan Super

Oke, jadi mungkin Anda tidak menyukai superhero. Itu adil. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa membaca buku komik dan novel grafis tentang banyak topik lain? Ada banyak buku komik di luar sana tanpa penjahat jahat atau tong sampah beracun, seperti seri Scott Pilgrim, The Walking Dead, The Sandman, dan banyak lagi.

Ada juga banyak novel grafis dan buku nonfiksi grafis yang bagus di luar sana, seperti otobiografi Alison Bechdel, Fun Home; Persepolis Marjane Satrapi; dan masih banyak lagi. Banyak dari cerita ini, seperti halnya buku favorit Anda, mengeksplorasi tema dan perasaan yang berbobot. Sifat visual novel grafis memungkinkan Anda, sebagai pembaca, untuk mengalami tema-tema ini dengan cara yang berbeda dari yang Anda lakukan saat membaca buku tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.