Membangun Kebiasaan Lewat Lingkungan

oleh -73 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Terkadang Ketika kita melihat sebuah makanan di hadapan kita, kita cenderung akan mengambilnya terlebih dahulu daripada harus pergi ke dapur. Nah sadar gak sih kalian ternyata lingkungan sangat berpegaruh terhadap kebiasaan kita. (RF17)

Kecenderungan Orang terhadap lingkungan Mereka

Pada tahun 1952 ekonom Hawkins Stern menguraikan fenomena yang disebut Suggestion Impluse Buying, yang terpicu ketika seorang buyer melihat sebuah produk pertama kali dan mereka akan merasa membutuhkannya. Kalau kalian sering ajak pasangan wanita kalian ke mall, terus tiba-tiba si cewe ngeliat tas yang menarik perhatiannya.

Yang padahal kalau kita telusuri lebih lanjut mereka tidak butuh tas baru. Tapi mereka tetap merasa tas yang baru mereka lihat merasa penting untuk mereka miliki. Orang-orang seringkali membeli sebuah produk bukan karena apa produk itu, tapi karena dimana produk itu berada. Hal itulah yang menyebabkan produk-produk terkenal berada pada tempat yang mudah ditemukan oleh mata customer. Hal ini bertujuan agar para pembeli dapat membeli produk tersebut daripada produk alternatif yang lebih murah.

Baca Juga : Konsisten Adalah Kuncinya

Merancang Lingkungan Sukses

Merancang lingkungan yang sukses membantu kita dalam memulai kebiasaan baru. Membuat lingkungan sukses artinya membuat kita lebih mudah mendapatkan akses untuk mengerjakan habits baru kita. Sebagai contoh, gua adalah tipe orang yang sering kekurangan minum.

Hal itu terjadi bukan karena gua lupa untuk minum. Tapi karena gua terlalu mager untuk pergi ke dapur sering-sering hanya untuk segelas air. Akhirnya dalam sehari paling gua hanya dapet minum 3-4 gelas air ukuran kecil. Gua sadar hal itu akan mengganggu kesehatan gua kedepannya. Oleh karena itu gua mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Nah akhirnya gua dapet problem solvingnya dengan cara gua isi botol minum ukuran 1 liter di atas meja komputer gua. Itu bertujuan ketika gua mau minum gua gak perlu pergi ke dapur. Itu terjadi karena gua tinggal nuangin air yang ada di dalam botol air itu ke dalam gelas.

Dari metode di atas akhirnya gua bisa memulai kebiasaan baru dengan minum 2 liter air perhari. Tanpa harus bolak-balik ke dapur untuk mengambil minum, sekarang gua cukup simpen aja air dalam botol kek cerita gua barusan.

Merancang lingkungan sukses berarti kita harus membuat lingkungan dimana lingkungan tersebut membantu kita dalam menjalankan to-do list yang udah kita buat. Semoga dari tulisan barusan dapet membantu kalian buat membangun habits baru yang pengen kalian buat.

2 thoughts on “Membangun Kebiasaan Lewat Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.