Mencegah Demensia Sejak Dini

oleh -29 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mencegah demensia sejak dini. Pada artikel ini kita akan membahasa tentang gejala demensia, Demensia sendiri merupakan gejala yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan juga cara berpikir. Kondisini ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari. (ree)

Penyebab dari demensia berasal dari penyakit ataupun dari cedera. Kendati demikian gangguan kesehatan ini dapat membuat penderitanya tidak bisa berpikir, mengendalikan emosi, kepribadian, sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini sering diidentikkan dengan bertambahnya usia dan disebut-sebut sering menyerang lanisa berusia di atas 65 tahun. Akan tetapi ternyata ganggguan ini bisa saja terjadi pada usia muda loh.

Baca Juga: Dampak Buruk Akibat Sering Begadang Bagi Kesehatan

Penyebab dari dimensia yaitu rusaknya sel saraf dan juga hubungan antara saraf pada otak, selain itu pertambahan usia dan beberapa penyakit, seperti kolesterol, hipertensi, diabetes, hingga obesitas pun turut menyebabkan demensia. Namun perl diingat bahwa demensia berbeda dengan pikun, pikun adalah perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang biasa dialami seiring bertambahnya usia. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi daya ingat, akan tetapi tidak signifikan dan tidak pula menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan pada orang lain.

Penyebab dari Demensia

  • Faktor usia
  • Kurang gerak
  • Kebiasaan merokok
  • Berat badan berlebih
  • Rendahnya aktivitas kognitif
  • Faktor keturunan
  • Masalah kesehatan mental seperti depresi dan isolasi sosial

Gejala demensia pun bisa saja terjadi pada anak, salah satu penyebabnya ialah penyakit batten penyakit ini merupakan kelainan bawaan fatal dari sistem saraf yang menyerang sistem motorik tubuh. Gejalanya biasa pada masa kanak-kanak.

Gaya hidup yang kurang sehat dapat berisiko meningkatnya gangguan tersebut, untuk itu lakukanlah gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, memenuhi kebutuhan istirahat.

Sumber: Demensia adalah Penurunan Fungsi Kognitif, Kenali Gejala Awalnya & Demensia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.