Mengapa Kita Mudah Lapar?

oleh -49 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengapa kita mudah lapar? Nah pada artikel ini kita akan membahas lebih jauh dari gejala ini. Pernahkah kamu merasa mudah sekali lapar atau pada saat kamu sedang rajin berolahraga tetapi berat badan kamu tidak kunjung turun? Nah bisa saja tubuhmu itu kekurangan protein dan juga serat. (ree)

Ketika tubuh kekurangan protein, ada berbagai hal di dalam tubuh yang akan terpengaruh , mulai dari berat badan dan suasana hati. Lalu makanan yang memiliki kandungan serat di dalamnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Mencegah Demensia Sejak Dini

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Sebagian besar karbohidrat terpecah menjadi molekul gula, tetapi serat hanya melewati saja dan tubuh mencernanya. Ketika kita tidak makan cukup serat, selain kita kehilangan manfaat kesehatan bagi tubuh, akan tetapi dapat pula memicu gejala penyakit loh.

Lapar pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu lapar fisik dan juga lapar psikologis. Lapaar fisik terjadi secara bertahap serta berkaitan dengan jenis makanan yang terakhir kali kita mengkonsumsinya, sedangkan lapar psikologis terjadi oleh hal yang bersifat psikis seperti stres. Keinginan makan yang muncul akibat psikologis dapat memicu kamu makan secara berlebihan serta mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori dan juga lemak, dan jika itu berlangsung dalam waktu yang lama hal ini berisiko meningkatnya berat badan atau obesitas. Berikut rangkumannya terkait munculnya rasa mudah lapar.

See the source image

Penyebab Munculnya Rasa Mudah Lapar

  • Kurangnya waktu tidur, kurangnya waktu tidur merupakan salah satu penyebab munculnya rasa lapar yang terus-menerus. Tidur yang cukup dapat mengendalikan nafsu makan asa lapar yang terus-menerus. Tidur yang cukup dapat mengendalikan nafsu makan karena menurunkan hormon ghrelin, hormon yang menyebabkan rasa lapar.
  • Kurangnya asupan serat, mengkonsumsi makanan rendah serat bisa menyebabkan kamu sering merasa lapar, karena tubuh lebih cepat menyerap jenis makanan yang berserat rendah. Makanan yang berserat tinggi lebih lama diserap oleh tubuh sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.
  • Diet tidak seimbang, kekurangan protein, lemak dan serat dalam menu makanan yang dikonsumsi dapat pula menyebabkan mudah lapar dan sulitnya mengendalikan nafsu makan.
  • Melewati jam makan normal, berbagai rutinitas yang padat sering kali membuat pola makan kamu menjadi tidak teratur. Camilan pun menjadi pilihan makanan yang kerap menjadi pilihan untuk mengkonsumsinya di sela-sela rutinitas yang padat ini.
  • Terlalu banyak makan karbohidrat olahan, Karbohidrat olahan tidak memiliki serat yang dapat mengenyangkan maka tubuh akan mencernanya dengan sangat cepat. Hal ini alasan kamu mudah lapar jika mengkonsumsi karbohidrat olahan.
  • Stres, terkadang stres inign memakan makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti cokelat atau permen, akan tetapi jika hal tersebut terus-menerus terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Rasa lapar yang berlebihan merupakan tanda bahwa kamu membutuhkan lebih banyak makanan. Dan pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup tertentu.

Sumber: Penyebab Sering Lapar dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.