Mengapa Kita Sering Mengantuk?

oleh -64 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengapa kita sering mengantuk? Nah sobat zetizen, pada pembahasan kali ini kita akan membahas penyebab dari sering mengantuk yang berlebihan. Mengantuk biasanya menjadi salah satu reaksi tubuh apabila sudah terlalu lelah. Karena pada umumnya tubuh manusia memiliki jam biologis saat malam hari tubuh akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas.(ree)

Namun apabila kamu mengantuk pada saat malam hari memang sangat wajar terjadi karena tubuh memiliki respon khusus yang membuat kita bisa merasa lebih nyenyak saat tidur di malam hari. Sering mengantuk dapat di akibatkan oleh berbagai hal, mulai dari kurangnya jam tidur, kelelahan, hingga penyakit tertentu.

Baca juga: Dampak Buruk Akibat Sering Begadang Bagi Kesehatan

Ngantuk-ngantuk melulu itu memang hal yang sangat risi bagi sebagian orang, apalagi di zaman orang serba produktif seperti ini, dapat mengakibatkan pekerjaan yang seharusnya bisa segera selesai malah jadi ketunda. Yang lebih gawatnya lagi, kalau sampai gara-gara ngantuk dapat mengakibatkan kecelakaan.

Selain masalah jam tidur, ada pula masalah lainnya mengenai tidur ini. Misalnya selalu merasa mengantuk meski sudah cukup tidur di malam harinya, kira-kira apa alasannya? Nah mari kita simak pembahasan berikut.

Penyebab Sering Mengantuk

  • Kebiasaan Tidur yang Buruk, memiliki kualitas tidur yang buruk sering kali mengalami kantuk kapan pn dan dimana pun. Kondisi ini muncul jika terbiasa tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Kebiasaan tidur yang buruk disertai dengan begadang karena menonton TV atau lembur membuat tbuh menjadi sangat lelah. Dampaknya saat siang hari tubuh menjadi sering lemas dan mendadak ngantuk muncul begitu saja.
  • Konsumsi Alkohol, kok bisa mengkonsumsi alkohol dapat membuat seseorang sering mengantuk di siang hari? Menurut hasil penelitian oleh National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, jika meminum minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur dapat menyebabkan tidur seseorang menjadi tidak teratur dan berdampak pada kualitas tidur.
  • Depresi dan Tekanan Mental, bagi sebagian orang yang menghadapi tekanan mental atau depresi dapat berpotensi untuk cepat mengantuk. Dan jika kamu merasa cemas, gelisah atau banyak pikiran makan akan membuat otak memberikan reaksi yang berbeda dari kondisi normal. Bahkan beberapa pelajar atau mahasiswa saja yang sering merasa bosan dan lelah dengan sebuah pelajaran saja bisa mengantuk. Hal inilah yang membuat reaksi tubuh dari perasaan dan emosi diterjemahkan oleh otak menjadi rasa mengantuk..
  • Narkolepsi, jika seseorang kerap merasakan kantuk secara berlebihan di siang hari, bisa jadi merupakan gejala terkenan narkolepsi, hal ini mengakibatkan dengan rasa ketidakmampuan menahan rasa ingin tidur di luar waktu normal. Gejala narkolepsi lain adalah tiba-tiba merasakan otot lemas saat merasakan kegembiraan hingga terjatuh. Kelumpuhan saat tidur juga bisa menjadi salah satu indikasi seseorang menderita narkolepsi akut.
  • Terlalu banyak makan, Tidak hanya kurangnya kualitas pada tidur, apabila kamu mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, maka akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah maka dari itu, kamu pun harus mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhmu.
  • Dehidrasi, selain dari asupan makanan yang berlebihan, dehidrasi pun dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh. Dehidrasi merupakan salah satugejala tubuh yang mengalami kekurangan cairan pada tubuh, sehingga metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.