,

Mengatasi Trauma Akibat Pelecehan Seksual

oleh -13 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kekerasan seksual merupakan isu yang meluas dalam skala global dan nasional. Kekerasan dan pelecehan seksual memengaruhi semua demografi tanpa memandang jenis kelamin, ras, seksualitas, dan ukuran. Di lansir dari situs kumparan, Komnas Perempuan mencatat telah terjadi sebanyak 2.500 kasus kekerasan terhadap perempuan pada periode Januari hingga Juli 2021. Korban akan mengalami trauma hebat dari pengalmannya. karena itu berikut adalah cara mengatasi rasa trauma tersebut (herdi)

Trauma terjadi ketika kemampuan seseorang untuk mengatasi nya kewalahan. Ketika trauma selesai, seringkali ada respons emosional yang dalam terhadap apa yang telah terjadi, serta gejala fisik, atau somatik. Beberapa individu merasakan rasa malu dan/atau marah yang mendalam. Kemarahan adalah emosi yang normal dan sehat untuk dialami ketika batas dilanggar.

BERBICARALAH KEPADA SESEORANG YANG ANDA PERCAYA

Anda tidak harus mengalami sendiri akibat serangan seksual dan Anda memiliki pilihan.

Beberapa individu lebih memilih untuk memilih seseorang yang dekat dan baik hati untuk diajak bicara tentang bagaimana mereka menghadapinya, sementara yang lain lebih memilih untuk merahasiakan pengalaman mereka. Apa pun preferensi Anda, berbagi pengalaman dapat membantu Anda merasa tidak terlalu terisolasi.

PROSES MELALUI PERASAAN BERSALAH DAN MALU

Perasaan ini seringkali paling intens setelah seseorang mengalami serangan seksual. Anda dapat menyampaikan perasaan ini kepada teman, kelompok pendukung, terapis, atau sekadar jurnal Anda. Dengan mengenali emosi-emosi ini, Anda dapat mengatasi nya alih-alih membawanya ke masa depan.

Perasaan yang paling umum berpusat di sekitar “telah tahu lebih baik” atau menyalahkan diri sendiri atas pengalaman itu dalam beberapa cara berbeda. Beberapa catatan umum diputar di kepala seseorang dan itu umum bagi orang yang selamat untuk menyalahkan diri mereka sendiri.

HUBUNGKAN KEMBALI KE TUBUH ANDA: YOGA, MENARI, MEDITASI

Dengan beberapa bentuk kekerasan seksual, korban cenderung terputus dari tubuh mereka. Selama serangan seksual, ini penting untuk kelangsungan hidup Anda dan mengatasi. Namun, setelah itu, bisa sangat membingungkan untuk merasa mati rasa atau takut pada tubuh dan sensasi seseorang.

KONSELING & PSIKOTERAPI

Seringkali, beberapa aspek sisa dari kekerasan seksual dapat membuat orang merasa bingung dalam diri mereka sendiri dan pengalaman mereka berada di dunia.

Menemukan seorang konselor atau psikoterapis yang berfokus pada trauma dan penyembuhan sangat membantu untuk menemukan diri Anda di mana Anda berada dalam perjalanan penyembuhan dan memproses trauma emosional, mental dan fisik atau stres sisa akibat kekerasan seksual.

Banyak dari kalian, mungkin dai orang tuanya di ajarkan untuk menutup aurat dan menjaga kelakuan dari wanita. Tapi banyak kah dari orang tuan untuk mengajarkan anak laki-lakinya untuk menjaga mata dan nafsunya, serta menjaga kehormatan seorang wanita? Mulai dari sekarang coba terapkan itu mulai dari diri sendiri untuk memuliakan derajat seorang wanita, mulai dari ibumu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.