,

Mengenal Sejarah dan Makna Tari Jaipong

oleh -95 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Adakah yang suka menari? Pasti kamu tahu tarian yang satu ini, yap Tari Jaipong. Tari tradisional ini berasal dari Jawabarat. Penasaran kan dengan makna dan sejarah nya, yuk simak artikel di bawah (Nuri)

Salah satu tarian tradisional di Indonesia ini yaitu Tari Jaipong. Tarian ini, merupakan jenis tarian yang berasal dari Jawa Barat. Awalnya, tarian jaipong ini berkembang di daerah Bandung, dan Karawang. Tarian Jaipong adalah tarian gabungan dari sejumlah kesenian tradisional, misalnya pencak silat, ketuk tilu, dan wayang golek. Dari situlah tarian ini populer sebagai tarian yang memiliki gerakan-gerakan yang unik, energik, dan sederhana.

Baca Juga: Makanan Legendaris Khas Kota Cirebon!

Sejarah Tari Jaipong

Tari Jaipong merupakan sebuah tarian tradisional yang berasal dari daerah Karawang, Jawa Barat. Tarian ini berkembang di era tahun 1960 an. Tarian jaipong adalah sebuah inovasi yang di buat oleh seorang seniman yang berasal dari daerah Karawang bernama Haji Suanda.

Haji Suanda merupakan salah satu seniman berbakat yang berasal dari daerah Karawang. Beliau mempunyai bakat yang luar biasa. Serta memiliki keahlian menguasai sejumlah kesenian tradisional Indonesia dari berbagai daerah, Terutamanya daerah Karawang.Kemudian, H. Suanda membuat sebuah inovasi. Beliau menciptakan inovasi berupa menggabungkan beberapa macam tarian yang dikuasainya menjadi satu. Tarian tersebut terdiri dari Tari Banjet, Tari Pencak Silat, Tari Ketuk Tilu, Tari Wayang Golek, dan Tari Topeng. Hasil dari pencampuran tersebut yakni munculnya sebuah karya seni daerah yang unik dan digemari oleh masyarakat.

Pola Gerak Tari

Pola gerak tari terdiri dari gerak bukaan, pencugan, nibakeun, dan sejumlah variasi gerak mincid. Dari beberapa gerak pada kesenian tari ketuk tilu tersebutlah, memberikan Suanda dan Gugum inspirasi guna mengembangkan kesenian tari yang saat ini dikenal dengan nama Tari Jaipong.

Makna Tari Jaipong

Seperti yang telah di ketahui bahwa setiap jenis kesenian daerah tentunya mempunyai makna dan nilainya tersendiri yang di angkatnya, serupa halnya dengan tarian jaipong. Setiap gerakan yang terdapat pada tarian ini mempunyai nilai dan makna sendiri.

Ciri Khas Tari Jaipong

Bangsa Indonesia di kenal sebagai negara yang tak hanya kaya akan hasil bumi saja, tetapi juga kaya akan kebudayaan. Mulai dari bidang seni sastra, seni tari, seni rupa berupa seni rupa terapan dan seni rupa murni, seni bangunan, seni musik dan lain sebagainya. Dari keberagaman kesenian tradisional yang sangatlah beragam tersebut, tentunya tiap kesenian itu memiliki masing-masing ciri khasnya tersendiri. Dengan salah satunya kesenian berasal dari Jawa Barat yaitu tari Jaipong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.