PCIe 6.0 Tengah Dalam Masa Pengembangan

oleh -22 views
PCIe 6.0

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rasanya, tak butuh waktu lama bagi para pemain di dunia komputer untuk dapat mengembangkan teknologi yang benar-benar baru. Belum lama ini, kehadiran PCIe 4.0 yang merupakan lompatan dari PCIe 3.0 sudah harus rela direbut eksistensinya berkat lahirnya PCIe 5.0. Di awal tahun ini, teknologi PCIe 6.0 sudah mulai di kembangkan. Ada apa gerangan? (mrg)

Baca juga : Take-Two Interactive Telah Membeli Zynga

Sebuah organisasi non-profit bernama Peripheral Component Interconnect Special Interest Group (PCI-SIG), memamerkan teknologi PCIe 6.0 yang benar-benar baru. PCI-SIG katakan bahwa implementasi teknologi baru ini, mampu tawarkan kecepatan dua kali lipat dari PCIe 5.0.

Berdasarkan PCI-SIG, berikut adalah spesifikasi yang di tawarkan oleh teknologi baru ini:

  • Tawarkan 64 GT/s raw data rate, sampai dengan 256 GB/s melalui x16
  • Fitur Pulse Amplitude Modulation 4 Level (PAM4)
  • Miliki Forward Error Correct (FEC) dan Cyclic Redundancy Check (CRC)
  • Mendukung fitur backward-compatible dengan PCIe generasi sebelumnya
  • Dan masih banyak fitur lainnya yang masih dirahasiakan

Demi memperkuat bukti bahwa kehadiran PCIe 6.0 benar-benar membawa perubahan, tak lupa PCI-SIG untuk sertakan hasil benchmark. Semua data tersebut mereka upload ke kanal Youtube milik mereka

Melihat data benchmark yang di berikan, tampak bahwa teknologi baru ini benar-benar tawarkan kecepatan dua kali lipat. Terlihat pula efisiensi daya yang lebih mampu dieksekusi oleh PCIe 6.0 ini ketimbang generasi pendahulunya, berikut besaran bandwidth yang ditawarkan.

Selain itu, aplikasi teknologi ini tak hanya menguntungkan gamers dan content creator semata. Di antaranya data center, komputasi berbasis artificial intelligence, otomotif, dan masih banyak pihak yang mendapat benefit dari kehadiran PCIe 6.0.

PCI-SIG melampirkan data yang katakan bahwa kekuatan dari input dan output bandwidth bertambah setiap beberapa tahun. Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi satu ini benar-benar membawa perkembangan dan benefit yang nyata.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.