Engineers Mengembangkan Perangkat Lunak Untuk Membantu Penelitian

oleh -28 views
perangkat lunak
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

ZETIZEN RADAR CIREBON – Alat perangkat lunak baru dapat mempercepat penelitian ilmu material dengan memotong penelitian latar belakang yang membosankan tentang sifat material. Peneliti Penn State dan Sandia National Laboratories baru-baru ini meluncurkan propSym, perangkat lunak open-source pada platform pemrograman MATLAB, untuk menghitung konstanta dasar yang di perlukan untuk menggambarkan sifat fisik padatan, seperti logam, keramik, atau komposit. (Dheva)

Peneliti memasukkan karakteristik fisik dan struktur material, dan program menghasilkan konstanta properti fundamentalnya . Kemudian nilai kunci yang di butuhkan peneliti untuk memodelkan berbagai material.

“Beberapa model fisik mengandung ratusan atau ribuan komponen yang berlebihan, yang dapat membuat model menjadi berlebihan,” kata Anubhav Roy, seorang mahasiswa doktoral dalam ilmu teknik dan mekanika di Penn State College of Engineering dan penulis pertama makalah tersebut. “Program ini mampu sangat mengurangi jumlah komponen untuk setiap properti fisik yang terhubung ke padatan dengan simetri kristal yang melekat.”

Kemudian Para peneliti mengembangkan propSym, yang rinciannya di terbitkan dalam Journal of Applied Crystallography, setelah mereka tidak dapat menemukan informasi yang dapat di percaya tentang langasit – bahan yang di gunakan dalam perangkat penginderaan dan pemanen energi – dalam studi bersama terpisah dengan Sandia National Labs.

“Secara tradisional, hubungan antara konstanta fundamental dan simetri material hanya di temukan dalam lampiran buku teks atau tabel dalam artikel jurnal,” kata Christopher Kube, asisten profesor ilmu teknik dan mekanik di Penn State, yang memimpin proyek tersebut. Kemudian “Setelah pencarian menyeluruh, kami tidak dapat menemukan data referensi untuk beberapa properti material nonlinier untuk langasite. Ketika data tersedia, kami menemukan contoh kesalahan ketik dan inkonsistensi di seluruh referensi. Data masukan yang salah akan merusak model.”

Kemudian Kube dan rekan-rekannya menggunakan propSym untuk menentukan sifat-sifat langasit, seperti elastisitas dan kemampuan mengakumulasi muatan listrik. Namun Kube menekankan program ini tidak terbatas pada dua properti itu saja.

“Perangkat lunak ini dapat beradaptasi dengan hampir semua properti fisik yang menarik; kemungkinannya benar-benar tidak terbatas,” kata Kube. “Pada akhirnya, saya berharap propSym membantu menurunkan hambatan masuk untuk pemodelan analitis dari perilaku fisik yang kompleks. Banyak masalah modern dalam sains sering di anggap terlalu menantang untuk model analitis tanpa pertimbangan serius dari pendekatan analitis.”

Sumber : Materi di sediakan oleh Penn State. Asli di tulis oleh Mariah Chuprinski.

Journal Reference:

  1. Anubhav Roy, Darren W. Branch, Daniel S. Jensen, Christopher M. Kube. propSym: a tool to establish relationships between property constants for material property tensors of any orderJournal of Applied Crystallography, 2021; 54 (6): 1894 DOI: 10.1107/S160057672101058X

Baca juga : Perangkat Lunak Menemukan Cara Terbaik Untuk Mendarat Di Mars

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.