Perilaku Psikologi yang Ternyata Punya Istilah Unik

oleh -59 views
rencanamu.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap perilaku psikologis manusia dapat di jelaskan secara ilmiah. Bahkan banyak orang di luar sana yang pernah mengalaminya. Ternyata, beberapa perilaku yang pernah kita alami ini memiliki istilah psikologi yang unik, bahkan terdengar keren dengan nama ilmiahnya, lho. (stna)

Ingin tahu lebih banyak tentang istilahnya? Yuk, kita simak penjelasannya.

Lihat juga : Sosial Media dan Psikologi! Mengapa kita Berkomentar?

1. Rhotascim
Merupakan istilah untuk seseorang yang tidak bisa melafalkan huruf ‘R’, alias cadel. Sudah banyak orang yang mengalami kondisi cadel ini. Tidak bisa mengucapkan huruf ‘R’ karena perbedaan pada bagian yang bernama Frenulum linguae.

2. Quirkyalone
Mengacu pada seseorang yang menikmati rasa kesendirian alias jomblo. Dan tidak mau memiliki hubungan spesial dengan sembarang orang. Ada kecenderungan memilih fokus pada tujuan tertentu terlebih dahulu dalam hidupnya.

3. Mythomania
Istilah untuk seseorang yang selalu berbohong secara terus-menerus tanpa merasa bersalah.

4. Delution of persecutory
Istilah yang menjelaskan rasa curiga karena di mata-matai, ditipu, difitnah, dan tidak dapat mempercayai orang lain. Perilaku ini dapat terjadi karena pengalaman sebelumnya yang sempat tidak mengenakkan atau tidak mudah mempercayai orang lain. Untuk menghilangkan perilaku ini, biasanya orang yang mengalaminya akan mendobrak benteng yang membelenggu dirinya sendiri agar lebih terbuka kepada orang lain.

5. Hipotimia
Keadaan dimana seseorang selalu murung, sedih, mengeluh, dan tidak punya semangat. Biasanya orang yang mengalami hal ini, sedang mengalami stres atau depresi.

6. Eccedentesiast
Istilah untuk seseorang yang menyembunyikan rasa sakit mereka di balik senyumannya.

7. Limerence
Keadaan dimana seseorang merasa naksir, tergila-gila terhadap orang lain. Terkadang pada kondisi ekstremnya, individu yang naksir akan merasa percaya diri berlebihan bahwa orang yang di taksir memiliki perasaan yang sama.

Itulah tujuh istilah unik untuk perilaku atau perasaan yang mungkin sedang kita alami. Sangat menarik dan masih asing terdengar. Semoga bermanfaat dan memperluas pengetahuanmu tentang dunia psikologi.

Source : idntimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.