Platform Komputasi Baru Untuk Pempelajari Proses Biologis

oleh -30 views
biological
Photo by National Cancer Institute on Unspl

ZETIZEN RADAR CIREBON – Para ilmuwan telah meluncurkan perangkat lunak unik yang mampu melakukan simulasi yang sangat kompleks dari berbagai proses biologis. (Dheva)

Simulasi berbasis agen (ABS) adalah alat komputasi yang kuat yang membantu para ilmuwan memahami sistem biologis yang kompleks. Simulasi ini adalah cara yang murah dan efisien untuk menguji hipotesis dengan cepat tentang fisiologi jaringan seluler, organ, atau seluruh organisme. Namun, banyak ABS tidak memanfaatkan sepenuhnya daya komputasi yang tersedia. Dan sebagian besar platform ABS di pasaran di rancang dengan mempertimbangkan kasus penggunaan tertentu.

Kemudian Dalam sebuah makalah yang di terbitkan oleh Bioinformatics, sebuah konsorsium yang mencakup University of Surrey, CERN, Newcastle University, GSI Helmholtz Centre, University of Cyprus, University of Geneva, SCImPULSE Foundation. Dan Immunobrain Checkpoint, mengungkap platform simulasi multi-disiplin open-source mereka. disebut BioDynaMo.

Kemudian Dalam makalah tersebut, konsorsium merinci bagaimana BioDynaMo dapat mensimulasikan kasus medis kompleks dalam ilmu saraf, onkologi, dan epidemiologi. Berkat kemampuannya untuk memanfaatkan CPU multi-inti dan menurunkan beban komputasi ke akselerator perangkat keras.

Hasil tim menunjukkan bahwa BioDynaMo bekerja hingga 945 kali lebih cepat daripada baseline mutakhir saat ini. Kemajuan memungkinkan untuk mensimulasikan setiap kasus penggunaan dengan satu miliar sel pada satu server. Menunjukkan potensi yang dimiliki BioDynaMo untuk penelitian biologi komputasi.

Kemudian Dr Roman Bauer dari University of Surrey, salah satu pendiri inisiatif BioDynaMo dan penulis senior studi tersebut, mengatakan:

“Saya percaya bahwa jika kita ingin mengatasi masalah kesehatan yang sangat kompleks seperti Alzheimer, alat simulasi komputer seperti BioDynaMo akan sangat penting bagi para ilmuwan untuk maju.

Kemudian “Dalam makalah ini, kami telah menunjukkan bahwa fitur dan kinerja BioDynaMO yang sangat baik. Ini akan membantu para ilmuwan masa depan mengadu hipotesis satu sama lain untuk mempelajari perbedaan halus atau kurang begitu. Dan yang lebih penting, ini akan membantu penelitian biomedis menjadi bidang yang benar-benar interdisipliner. abad 21.”

Sumber : Materi di sediakan oleh University of Surrey.

Journal Reference:

  1. Lukas Breitwieser, Ahmad Hesam, Jean de Montigny, Vasileios Vavourakis, Alexandros Iosif, Jack Jennings, Marcus Kaiser, Marco Manca, Alberto Di Meglio, Zaid Al-Ars, Fons Rademakers, Onur Mutlu, Roman Bauer. BioDynaMo: a modular platform for high-performance agent-based simulationBioinformatics, 2021; DOI: 10.1093/bioinformatics/btab649

Baca juga : Bagi Banyak Siswa, Aljabar Dosis Ganda Mengarah Ke Pencapaian Perguruan Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.