Reverse Psychology! Ketahui Cara Manipulasi Berikut

oleh -238 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Reverse psychology adalah taktik yang melibatkan advokasi untuk perilaku yang berbeda dari hasil yang di inginkan. Ini juga dikenal sebagai antikonformitas diri strategis, idenya adalah bahwa dengan mendorong kebalikan dari apa yang benar-benar Anda inginkan, orang lain akan benar-benar memilih untuk terlibat dalam perilaku yang benar-benar di inginkan. (herdi)

Meskipun dapat di lihat sebagai cara mengelola perilaku orang lain, itu juga dapat di gunakan sebagai bentuk manipulasi. Orang yang menjadi subjek taktik ini umumnya tidak menyadari apa yang terjadi dan mungkin tidak sepenuhnya menyadari apa motif orang lain yang sebenarnya.

Bahkan jika Anda tidak menyadarinya pada saat itu, kemungkinan besar Anda telah menggunakan hal ini untuk mencoba membuat seseorang melakukan sesuatu di beberapa titik dalam hidup Anda.

Tanda-tanda Reverse psychology

Reverse psychology bekerja berdasarkan fenomena psikologis yang di kenal sebagai reaktansi. Reaktansi melibatkan reaksi negatif yang kuat terhadap seseorang yang mencoba membujuk Anda.

Sebagai akibat dari reaksi negatif ini, Anda melakukan kebalikan dari hal yang mereka coba bujuk untuk Anda lakukan. Dengan memilih kebalikan dari apa yang telah di sarankan, orang mungkin berusaha untuk menegaskan kemandirian dan otonomi mereka.

Tanda-tanda bahwa seseorang mungkin terlibat dalam reverse psychology adalah sebagai berikut.

  • Seseorang mungkin membuat komentar yang terlalu negatif yang tampaknya di rancang untuk mendapatkan reaksi.
  • Anda merasa seperti seseorang ingin Anda melakukan sesuatu tetapi mereka tidak akan membuat permintaan langsung.
  • Mereka terus membicarakan ide yang sama sampai-sampai Anda mendapati diri Anda ingin melakukan yang sebaliknya.
  • Memiliki lebih banyak keuntungan jika Anda melakukan kebalikan dari apa yang mereka sarankan.
  • Pilihan yang mereka perdebatkan tidak konsisten dengan pilihan masa lalu mereka.

Contoh Reverse psychology

Ada sejumlah contoh umum yang dapat menunjukkan bagaimana reverse psychology di gunakan dalam kehidupan nyata.

  • Strategi pemasaran dan penjualan sering kali menggunakannya untuk mendorong orang membeli barang dan jasa. Misalnya, seorang wiraniaga mungkin membuat promosi penjualan yang sangat tinggi dan menekan pelanggan untuk membeli sesuatu.
  • Orang tua sering menggunakannya untuk membuat anak-anak mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Misalnya, orang tua mungkin memberi tahu anak mereka untuk tidak mengambil mainan mereka di kamar mereka dengan harapan anak akan melakukan yang sebaliknya.
  • Dalam hubungan, orang juga menggunakan reverse psychology untuk membuat pasangan mereka berperilaku dengan cara tertentu. Misalnya, salah satu pasangan mungkin menyarankan bahwa mereka berharap pasangannya akan membersihkan garasi tetapi mereka tahu bahwa mereka mungkin tidak akan punya waktu untuk melakukannya. Pasangannya kemudian mungkin bereaksi dengan membersihkan garasi untuk membuktikan bahwa pasangannya salah.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Ada sejumlah jebakan yang perlu di pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan reverse psychology.

Kerusakan Hubungan Anda

Jika orang lain merasa Anda sengaja mencoba memanipulasi mereka, itu bisa menghancurkan kepercayaan mereka terhadap Anda. Jika itu menjadi masalah yang terus-menerus, mereka mungkin selalu mempertanyakan motif Anda dan tidak mempercayai saran Anda.

Karena mereka tidak dapat mempercayai apa yang Anda katakan, mereka akan selalu merasa bahwa mereka tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Potensi Menjadi Bumerang

Jika orang yang Anda coba yakinkan menghargai pendapat Anda atau cenderung menjadi orang yang menyenangkan yang lebih suka mengikuti arus daripada mengaduk-aduk, Anda mungkin mendapati diri Anda mendapatkan kebalikan dari apa yang benar-benar Anda inginkan. Daripada bereaksi dengan memilih kebalikan dari apa yang Anda sarankan, mereka hanya akan setuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.