Saya Mimpi Apa? Alasan Tidak Bisa Mengingat Mimpi

oleh -39 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mungkin terkadang Anda bangun di pagi hari dengan perasaan kecewa karena tidak bisa mengingat mimpi apa pun yang Anda alami semalam, Anda mungkin bertanya: Mengapa saya tidak dapat mengingat mimpi saya? (herdi)

sebelum kita mengetahui, kita harus mengetahui apa mimpi dan mengapa kita bermimpi. Dan berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Mimpi?

Frekuensi mengingat mimpi dapat bervariasi atau bahkan memudar pada titik-titik dalam kehidupan seseorang. Mimpi adalah rangkaian pikiran, gambaran, atau sensasi yang terjadi dalam pikiran selama tidur. Ini adalah fungsi otak. Bermimpi dapat terjadi karena daerah tertentu di otak diaktifkan melalui pola listrik yang berurutan dan aktivitas kimia.

Mimpi yang jelas—seperti film yang terjadi dengan Anda sebagai aktor—berhubungan dengan tidur gerakan mata cepat atau Rapid Eye Movementt (REM).

Sifat mimpi dan makna spesifiknya telah menjadi topik yang menarik selama ribuan tahun. Tidak ada konsensus atas dasar ilmiah untuk interpretasi isi mimpi. Refleksi dan derivasi makna mungkin paling baik dilakukan sebagai latihan pribadi.

Alasan Tidak Bisa Mengingat Mimpi

Ada beberapa kemungkinan kenapa Anda tidak bisa mengingat mimpi. Beberapa alasan tersebut antara lain:

Bagaimana cara dan kondisi Anda ketika bangun tidur

“Mimpi bukan hanya sekedar tentang mengingat,” ujar Robert Stickgold, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur Center for Sleep and Cognition di Beth Israel Deaconess Medical Center, Harvard Medical School.

Menurut Stickgold, “Paling mudah untuk mengingat mimpi Anda jika Anda bangun pada akhir siklus tidur secara perlahan dan dengan sedikit gerakan.” Bangun dengan tenang dan perlahan-lahan tepat setelah Anda bermimpi mungkin membuatnya lebih mudah untuk mengingat mimpi itu.

Mimpi Sering Pudar Saat Bangun

Sebagai aturan umum, mimpi memudar dengan cepat setelah bangun tidur. Sinyal-sinyal listrik dan tanda-tanda kimiawi yang membentuk pengalaman mimpi mungkin menghilang saat terjaga, seperti pesan yang tertulis di cermin berkabut yang menghilang saat uap menguap. Ada kemungkinan unsur-unsur mimpi untuk diingat di kemudian hari, mungkin dipicu oleh pengalaman yang mengaktifkan kembali area otak yang sama yang menciptakan mimpi dalam semalam.

Sleep Disorder

Sleep disorder dapat memengaruhi ingatan mimpi. Apnea tidur obstruktif yang tidak diobati juga dapat menyebabkan tidur REM yang terfragmentasi karena pernapasan yang terganggu terjadi karena relaksasi otot-otot saluran napas. Bagi sebagian orang, ini dapat menyebabkan peningkatan ingatan mimpi (termasuk mimpi tenggelam atau mati lemas).

Sumber: medcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.