Sensus Penduduk, Mengenal Lebih Dekat tentang Sensus Penduduk

oleh -49 views
Sensus Penduduk
Source Pic : IG @sensuspenduduk2020

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sensus penduduk adalah progaram pemerintah yang bertujuan mengetahui Pertambahan dan Pengurangan penduduk dalam suatu wilayah. Pertambahan penduduk terjadi karena adanya kelahiran atau perpindahan manusia di wilayah tersebut. Pengurangan penduduk dapat Terjadi karena adanya perpindahan atau kematian penduduk di wilayah tersebut. (RF17)

Pertambahan dan pengurangan penduduk merupakan salah satu kejadian umum yang terjadi di suatu negara. Namun, pertambahan dan pengurangan penduduk pada suatu wilayah harus berada pada kondisi yang seimbang, dengan angka kelahiran dan kematian memiliki jumlah selisih yang kecil. Jika selisih keduanya terlalu jauh, maka hal itu dapat menyebabkan masalah sosial dalam masyarakat.

Bagaimana kita bisa mengetahui di suatu negara mengalami kenaikan atau pengurangan penduduk? Solusinya adalah sensus penduduk.

Pengertian Sensus Penduduk

Sensus penduduk terdiri atas 2 kata, yaitu sensus dan penduduk. Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sensus adalah pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan semua unit populasi di wilayah RI. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sensus adalah penghitungan jumlah penduduk, tingkat ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, misalnya 10 tahun sekali.

Baca Juga : Berikut Adalah Fakta Menarik Kemerdekaan Republik Indonesia

Arti dari Kata Penduduk

Penduduk merupakan orang-orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama enam bulan atau lebih dan mereka yang berdomisili kurang dari enam bulan, tetapi bertujuan untuk menetap.

Maka dari itu, kita dapat menyimpulkan bahwa sensus penduduk adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mencatat banyaknya jumlah atau populasi penduduk, tingkat ekonomi, dan sebagainya yang biasanya dilakukan selama 10 tahun sekali.

Lembaga yang bertugas mengumpulkan, mengolah, dan mempublikasikan data kependudukan di Indonesia adalah Badan Pusat Statistik (BPS).

 Manfaat dari Adanya Sensus Penduduk

1. Kita dapat mengetahui pertumbuhan penduduk.

2. Dengan Program ini kita dapat mengetahui jumlah penduduk.

3. Memudahkan negara dalam menggolongkan mata pencaharian penduduk.

4. Mengetahui Penyebaran penduduk banyak orang.

Gimana udah semakin paham tentang sensus penduduk? Dan Program ini sudah berlangsung sebanyak 7 kali di Indonesia, yang terakhir kali dilakukan pada tahun 2020 kemarin.

Source : Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *