Sikap ketika Menerima Kritik

oleh -50 views
<a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by drobotdean - www.freepik.com</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kritik adalah sebuah kata yang banyak dibenci banyak orang. Bagi sebagian orang masukan menandakan bahwa kita adalah orang yang kurang kompeten dan akan menghancurkan harga diri. (RF17)

Itulah mengapa sebab kebanyakan orang benci dengan kritik. Karena, bagi mereka kritik adalah sebuah aib. Manusia memang benci ketika mendapatkan nasihat, tapi mereka menerima nasehat yang membangun. Walaupun pahit tapi perbedaan pendapat memang diperlukan. Jika setiap orang selalu membuat keputusan yang sama, maka kemajuan akan sulit untuk dicapai.

Nah buat kamu yang kadang sering baper pada komentar orang lain, kalian sudah berada di artikel yang tepat. Disini saya akan membahas sikap yang harus kita lakukan pada saat mendapatkan komentar tidak sedap, jadi baca sampe habis oke!

Kritik Ada pada Pekerjaan kita, Bukan Diri Kita

Kritik datang pada saat kita berbuat sebuah kesalahan, itu menandakan bahwasannya yang mereka komentari bukanlah diri kita, tapi perbuatan kita. Oleh sebab itu langkah pertama dalam menghadapi komentar buruk adalah kita harus tahu bahwasannya yang mereka bahas bukanlah diri kita tapi pekerjaan kita. Jika kita sudah paham akan maksudnya nasehat tersebut maka segera perbaiki pekerjaan kita.

Tetap Tenang

Kritik memang menyakitkan itulah yang membuat kita merasa tertekan. Cobalah tenang pada saat menerima kritikan.

Tidak Membela Diri

Kebanyakan orang akan bersikap defensive ketika mendapatkan masukan, Karena bagi mereka Komentar seseorang adalah sebuah serangan kepada diri mereka. Biasanya orang yang alergi akan kritik akan membuang kesalahannya dan menyalahkan orang lain atas kesalahannya.

Dengan menerima masukan dan mengakui kesalahan membuat orang lain menilai kita sebagai orang yang bertanggung jawab dan mau menerima perbaikan. Oleh karena itu kita harus benar-benar paham bahwa komentar buruk ada pada perbuatan kita bukan pribadi kita.

Baca Juga : Pemalu Wajib Baca, Cara Bicara Penuh Karismatik

Sepakati Tindakan dari Kritik

Kritik seseorang pada kita mungkin terdengar sangat menyakitkan. Mungkin atasan kita memberikan kritikan dengan nada yang sangat tinggi yang menyebabkan kita tersinggung. Tapi, bisa jadi apa yang disampaikan oleh atasan kita adalah hal yang benar, hanya saja caranya yang salah. Oleh karena itu ketika kita mendapati sebuah masukan cobalah ambil isi dari masukan itu dan lupakan perbuatan dari si pengkritik.

Manusia bukanlah robot, wajar jika manusia berbuat sebuah kesalahan.  Terimalah kritik sebagai proses dari sebuah pembelajaran. Kita tidak akan pernah bisa belajar jika kesalahan itu tak nampak di hadapan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.