Sports Psychology! Studi Psikologi di Bidang Olahraga

oleh -51 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sports psychology adalah studi tentang bagaimana faktor psikologis mempengaruhi olahraga, kinerja atletik, olahraga, dan aktivitas fisik. Psikolog olahraga menyelidiki bagaimana berpartisipasi dalam olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Mereka juga membantu atlet memanfaatkan psikologi untuk meningkatkan kinerja olahraga dan kesehatan mental. (herdi)

Psikolog olahraga tidak hanya bekerja dengan atlet elit dan profesional. Jenis profesional ini juga membantu non-atlet dan olahragawan sehari-hari belajar bagaimana menikmati olahraga dan mengikuti program olahraga.

Jenis-Jenisnya

Sama seperti ada berbagai jenis psikolog—seperti psikolog klinis, psikolog perkembangan, dan psikolog forensic ada juga berbagai jenis-jenisnya.

Psikolog Olahraga Pendidikan

Seorang psikolog olahraga pendidikan menggunakan berbagai metode psikologis untuk membantu atlet meningkatkan kinerja olahraga.4 Ini termasuk mengajari mereka bagaimana melakukan teknik tertentu seperti citra, penetapan tujuan, atau berbicara sendiri untuk berbuat lebih baik di lapangan atau lapangan.

Psikolog Olahraga Klinis

Psikolog olahraga klinis bekerja dengan atlet yang memiliki kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Ini melibatkan penggunaan strategi dari sports psychology dan psikoterapi.

Psikolog Latihan

Mereka bekerja dengan klien non-atlet atau olahragawan sehari-hari untuk membantu mereka belajar bagaimana membuat olahraga menjadi kebiasaan. Ini dapat mencakup beberapa teknik yang sama yang digunakan oleh psikolog olahraga lainnya, seperti penetapan tujuan. Ini juga melibatkan latihan perhatian dan penggunaan teknik motivasi.

Kegunaan Sports psychology

Sports psychology kontemporer adalah bidang yang beragam dan ada sejumlah topik berbeda yang menjadi perhatian khusus psikolog satu ini.

Fokus perhatian

Fokus perhatian melibatkan kemampuan untuk menghilangkan gangguan (seperti kerumunan penggemar yang berteriak-teriak) dan fokus pada tugas yang ada. Hal ini memungkinkan atlet untuk mengelola fokus mental mereka, bahkan dalam menghadapi hal-hal lain yang bersaing untuk mendapatkan perhatian mereka.

Ketangguhan Mental

Ketangguhan mental telah menjadi bidang minat yang meningkat dalam sports psychology, dengan istilah ini mengacu pada karakteristik psikologis yang penting bagi seorang atlet untuk mencapai kinerja yang optimal.

Visualisasi dan Penetapan Tujuan

Penggunaan sports psychology ini melibatkan penetapan tujuan, kemudian memvisualisasikan setiap langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu tanpa kecemasan atau untuk berhasil melakukan keterampilan tertentu.

Motivasi dan Membangun Tim

Beberapa psikolog olahraga bekerja dengan atlet dan pelatih profesional untuk meningkatkan kinerja dengan meningkatkan motivasi. Sebuah subjek utama dalam sports psychology, studi tentang motivasi melihat motivator ekstrinsik dan intrinsik.

Kecemasan

Adalah umum bagi atlet untuk merasa gugup sebelum pertandingan, pertunjukan, atau kompetisi. Tapi saraf ini bisa berdampak negatif pada kinerja. Jadi, mempelajari taktik untuk tetap tenang penting untuk membantu atlet melakukan yang terbaik.

Teknik dalam Sports psychology

Beberapa profesional menggunakan satu teknik khusus ketika membantu klien mereka sementara yang lain menggunakan berbagai teknik sports psychology.

Relaksasi Progresif

Teknik relaksasi menawarkan banyak manfaat bagi atlet. Diantaranya adalah peningkatan rasa percaya diri, konsentrasi yang lebih baik, dan tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah—semuanya bekerja sama untuk meningkatkan kinerja.

Hipnose

Beberapa profesional kesehatan menggunakan hipnosis untuk membantu pasien mereka berhenti merokok. Seorang psikolog olahraga mungkin menggunakan teknik yang sama untuk membantu klien mereka tampil lebih baik dalam olahraga pilihan mereka.

Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif (CBT) digunakan untuk membantu semua jenis orang mengidentifikasi dan mengubah pikiran dan perilaku yang merusak. Oleh karena itu, masuk akal jika atlet juga mendapat manfaat dari efeknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.