Stop Merenungkan Masa Lalu Sampai Overthinking!

oleh -39 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah Anda pernah menemukan diri Anda tanpa henti memutar ulang situasi di mana Anda berharap Anda tampil berbeda? Anda berharap Anda tidak mengatakan hal bodoh itu. Overthinking dengan cara ini disebut overthinking masa lalu. Sementara kita khawatir tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan, kita merenungkan peristiwa yang telah terjadi. (herdi)

Baca Juga: Kenapa Otak Sering Overthinking Saat Malam Hari?

Overthinking masa lalu bukan hanya tidak menyenangkan. Ini terkait erat dengan pemecahan masalah yang buruk, kecemasan, dan depresi. Kabar baiknya adalah ada solusi efektif untuk melepaskan diri dari kebiasaan ini, dan itu lebih sederhana dari yang Anda kira.

Identifikasi pemicu Anda yang paling umum

Anda tidak dapat memadamkan overthinking masa lalu tanpa menyadari bahwa Anda melakukannya, tetapi orang tidak selalu dapat menemukannya dalam diri mereka sendiri. Cara yang bagus untuk menjadi lebih baik dalam hal ini adalah dengan memikirkan apa yang telah memicu Anda di masa lalu. Daftar Anda mungkin terlihat seperti: Berkolaborasi dengan orang-orang yang belum saya percayai atau berada di sekitar orang-orang yang tampak lebih pintar atau lebih ambisius.

Dapatkan jarak psikologis

Selanjutnya, Anda perlu membuat jarak psikologis antara Anda dan hal-hal yang Anda renungkan. Misalnya, Anda mungkin merasa khawatir tentang bagaimana Anda dianggap oleh orang-orang yang tidak berdampak pada kesuksesan Anda, terpaku pada jumlah uang yang sangat kecil, atau melihat diri Anda sebagai orang yang kurang berprestasi meskipun faktanya secara objektif Anda melakukannya dengan sangat baik. .

Menyadari absurditas dalam beberapa reaksi Anda juga dapat membantu Anda menganggapnya tidak terlalu serius. Carilah hak halus atau penyerapan diri yang tersembunyi dalam overthinking masa lalu Anda. Hak dan personalisasi dapat menunjukkan bahwa Anda cenderung berpikir bahwa dunia berputar di sekitar Anda. Jika memungkinkan, cobalah untuk melihat ironi menjadi narsis dan tidak aman, daripada melihatnya sebagai tuduhan terhadap karakter Anda.

Bedakan antara merenungkan dan pemecahan masalah

Kadang-kadang Anda mungkin memiliki wawasan yang berguna saat merenungkan, tetapi sebagian besar adalah menghindari koping. Umumnya, semakin banyak orang merenungkan, semakin kurang efektif mereka dalam memecahkan masalah. Entah mereka tidak memikirkan solusi atau tidak mengejarnya dengan cepat atau efektif. Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang pemamah biak berat membutuhkan waktu sebulan lebih lama untuk mencari perawatan medis setelah menemukan benjolan di payudara.

Jika Anda merenungkan kesalahan yang telah Anda buat, terapkan strategi yang akan mengurangi kemungkinan kesalahan itu terjadi lagi.

Latih otak Anda untuk menjadi anti overthinking

Segera setelah Anda menyadari bahwa Anda sedang merenung, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda selama beberapa menit. Terlibat dalam aktivitas yang singkat dan menguras mental tetapi tidak terlalu sulit, seperti menghabiskan 10 menit mengisi laporan pengeluaran.

Tetapi aktivitas yang Anda pilih harus menjadi aktivitas yang mengharuskan Anda berkonsentrasi. Dalam beberapa situasi, Anda mungkin bisa memfokuskan kembali perhatian Anda pada apa yang seharusnya Anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.